Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Petani di Pati Kembali Dapat Bantuan Alat Mesin Pertanian

575
Anggota DPR RI Dr Ir H Djoko Ujianto (kiri) menyerahkan bantuan alat mesin pertanian mesin traktor kepada kelompok tani di halaman Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perternakan Kabupaten Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)
Anggota DPR RI Djoko Ujianto (kiri) menyerahkan bantuan alat mesin pertanian mesin traktor kepada kelompok tani di halaman Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perternakan Kabupaten Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Anggota DPR RI Djoko Udjianto menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa mesin traktor tangan sebanyak 50 unit kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Kabupaten Pati. Penyerahan alsintan dilakukan di halaman Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Pati.

Sebelum menyerahkan bantuan traktor, angota DPR RI dari Fraksi Demokrat tersebut menyempatkan bertatap muka dengan perwakilan kelompok tani. Dalam kesempatan tersebut, sejumlah tokoh juga hadir, seperti Ketua DPC Partai Demokrat Pati yang juga Wakil III Ketua DPRD Pati Joni Kurnianto, Kepala Dinas Dispertanak  Mochtar Effendy, serta pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pati Haryanto dan Saiful Arifin.

Dalam acara tatap muka dengan para petani, Djoko mengatakan, bantuan alsintan merupakan bantuan langsung dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian. Bantuan tersebut diharapkan supaya para petani di daerah semakin mudah dan cepat dalam menggarap lahan pertaniannya. Dengan begitu, hasil panen semakin meningkat yang pada akhirnya bisa mewujudkan swasembada pangan nasional.

Menurut Djoko, Kabupaten Pati memiliki potensi besar di sektor pertanian. Setiap tahunnya, Kabupaten Pati menjadi salah satu daerah penyangga pangan di Jawa Tengah, bahkan nasional. “Hasil pertanian di Kabupaten Pati untuk padi selalu surplus. Selain cukup untuk memenuhi kebutuhan pangannya sendiri, hasil pertanian masyarakat Pati juga dimanfaatkan untuk membantu pasokan pangan daerah lain,” ujar Djoko, Senin (23/1/2017).

Karena alasan tersebut, kata Djoko, kalangan petani di Pati harus diprioritaskan supaya bisa mempertahankan hasil pertaniannya. Prioritas itu berupa program peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat petani di Bumi Mina Tani.

Wakil Ketua DPRD Pati Joni Kurnianto menyambut baik program bantuan yang diberikan kepada para petani di daerahnya. Program bantuan yang digulirkan tersebut merupakan bentuk sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) untuk meningkatkan hasil pertanian.

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian nyata dari pemerintah. Pemerintah bisa membuktikan tidak hanya sekadar mencanangkan swasembada pangan, tetapi juga ikut membantu merealisasikan dengan cara memberikan alat penunjang para petani untuk meningkatkan hasil pertaniannya,” tutur Joni.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala  Dispertannak Pati Muchtar Effendi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Muchtar berharap, bantuan serupa terus diberikan agar bisa menunjang kemudahan para petani dalam menggarap lahan pertaniannya. Menurutnya, selama ini hasil dari sektor pertanian di Kabupaten Pati selalu menjadi andalan.

Bahkan, Pemkab Pati beberapa kali mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat dan Pemprov Jawa Tengah. Pada 2015, Pati mendapatkan penghargaan dari Presiden RI karena berhasil masuk urutan tiga besar secara nasional sebagai daerah yang memiliki produksi pangan terbaik. Pada 2016, Pati juga memperoleh penghargaan dari Pemprov Jateng sebagai daerah yang berhasil mengelola lahan pertanian secara berkelanjutan.

“Pati memiliki lahan pertanian seluas 85.740 hektare yang tersebar di 21 kecamatan. Dari luas lahan pertanian tersebut, Kabupaten Pati selalu diandalkan menjadi penyangga pangan nasional. Ini yang membuat saya sangat mengapresiasi kepada pemerintah pusat dan anggota dewan yang sudah memberikan bantuan untuk produktivitas hasil pertanian lebih optimal lagi,” kata Muchtar.

Salah satu penerima bantuan traktor dari Kelompok Tani “Tani Makmur” Desa Sinoman, Kecamatan Pati Kota, Nur Sahid mengaku senang kelompok taninya mendapatkan bantuan traktor yang sudah lama dinantikan. Traktor tersebut akan digunakan untuk menggarap sawah lebih cepat dan produktif. Dia juga mengucapkan terima kasih karena sudah diberikan kesempatan mendapatkan bantuan traktor untuk membantu menggarap sawah.

Editor : Kholistiono

Ruangan komen telah ditutup.