Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Siswa SMA di Kudus Berlomba Naik Sepeda Motor Lincah dan Tertib

288
Siswa SMA di Kudus saat melintas di jalanan dengan trek yang sulit di Alun-alun Kudus, Sabtu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)
Siswa SMA di Kudus saat melintas di jalanan dengan trek yang sulit di Alun-alun Kudus, Sabtu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus –Sejumlah pelajar tingkat SMA, mengendarai sepeda motor dengan berkelok-kelok di kawasan Simpang Tujuh Kudus, Sabtu (21/1/2017).  Hal itu merupakan kegiatan perlombaan menciptakan pengendara motor yang tertib.

Kasat Lantas Polres Kudus AKP Eko Rubiyanto mengatakan perlombaan dimaksud untuk mengajarkan siswa akan pentingnya keselamatan berlalu lintas. Diketahui selama ini banyak siswa yang mengendarai motor. Karenanya, polisi ingin melakukan pembinaan. “Ada tujuh SMA yang kami bidik, kegiatan ini merupakan safety riding yang mana mengajarkan untuk tertib melakukan kegiatan berkendara,” kata Eko kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, dari tujuh sekolah diambil perwakilan yang telah terseleksi sebelumnya. Kemudian, grand final dilaksanakan di Alun-alun Simpang Tujuh. Hal itu juga untuk menjadi daya tarik masyarakat. Perlombaan final dilaksanakan dengan cara sederhana. Layaknya ujian praktik SIM. Setiap siswa harus mengendarai motor yang sudah disiapkan. Kemudian mereka menaiki sepeda motor dengan melintasi trek yang telah dimodel sedemikian rupa. Penilaian diambil dari ketepatan waktu, kesesuaian trek hingga cara mengendarai.

Untuk pemenang, diambil tiga besar dengan skor terbaik. Tiga besar masing-masing mendapatkan piala beserta uang pembinaan yang disiapkan Satlantas. Sedangkan untuk juara, ada pula voucher pembuatan SIM gratis. Itu bisa digunakan jika nanti usia sudah memenuhi syarat.

Editor : Akrom Hazami

Ruangan komen telah ditutup.