Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Biar Siswanya Mantap Pilih Tempat Kuliah, Begini Kiat yang Dilakukan Smansa Purwodadi

 Kepala Sekolah SMAN 1 Purwodadi Amin Hidayat (baju merah) sedang bersiap membuka kegiatan Education Fair 2017. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kepala Sekolah SMAN 1 Purwodadi Amin Hidayat (baju merah) sedang bersiap membuka kegiatan Education Fair 2017. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Dalam rangka menyambut penerimaan mahasiswa baru tahun 2017, SMAN 1 (Smansa) Purwodadi melakukan persiapan khusus bagi para siswa. Terutama, bagi siswa yang nantinya sudah punya rencana untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi usai lulus sekolah.

Upaya yang dilakukan adalah menggelar Education Fair 2017 selama dua hari. Yakni, Sabtu (21/1/2017) dan Minggu (22/1/2017) yang bertempat di sekolahan. Dalam ajang ini, ada 30 perguruan tinggi negeri maupun swasta yang berpartisipasi. Seperti, Universitas Indonesia, IPB, ITB, UGM, Undip, Unsoed, UNS, Unnes, Unair, Unissula dan masih ada lainnya.

Masing-masing perguruan tinggi itu mengirimkan lima sampai 10 mahasiswa untuk memberikan wawasan pada para siswa Smansa. Mahasiswa yang dikirim untuk mengikuti Education Fair 2017 hampir semuanya adalah alumni Smansa.

“Untuk melaksanakan kegiatan ini, kami mengadakan kerjasama resmi dengan 30 perguruan tinggi negeri maupun swasta tersebut. Namun, untuk penyampaian informasi kita ambilkan dari alumni yang masih kuliah di situ,” jelas Kepala Sekolah SMAN 1 Purwodadi Amin Hidayat pada wartawan, usai membuka Education Fair 2017, Sabtu (21/1/2017).

Menurut Amin, dengan penyampaian yang dilakukan oleh mahasiswa maka para siswa bisa menjadi lebih santai ketika mau menggali informasi lebih detail. Di samping itu, para alumni itu dilibatkan dengan harapan mereka nanti mau membantu atau membimbing adik-kelas yang kebetulan akan memilih kuliah satu tempat dengan mereka.

Dari pantauan di lapangan, acara Education Fair 2017 itu mendapat respons positif dari para siswa. Indikasinya, setiap kelas yang dipakai untuk kegiatan sosialisasi penuh siswa. Selain kelas XII, para siswa kelas X juga

Sekadar diketahui, setiap perguruan tinggi memang sudah dikasih tempat sendiri-sendiri. Ada yang menempati ruang kelas di lantai I dan sebagian dilantai II. Dengan model ini, para siswa tinggal memilih untuk mencari informasi perguruan tinggi yang diinginkan.

“Selain kelas XII, para siswa kelas X juga kita sertakan dalam kegiatan ini bisa punya wawasan lebih awal soal perguruan tinggi. Untuk siswa kelas XI kebetulan sedang ada kegiatan sehingga tidak bisa ikut dalam Education Fair ini,” jelas Amin.

Sementara itu, sejumlah siswa Smansa ketika dimintai komentarnya mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. Sebab, dari ajang inilah mereka sudah punya gambaran mengenai kondisi berbagai universitas yang jadi dambaan. “Terus terang saya sangat senang ada kegiatan ini. Soalnya, saya bisa dapat informasi lengkap mengenai banyak hal. Mulai kondisi universitas, biaya, hingga jurusan yang ada di perguruan tinggi itu,” kata Maharani, siswi kelas X yang punya keinginan untuk melanjutkan kuliah di jurusan teknik kimia itu.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...