Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Petugas Perhutani Patroli Hutan Kendeng di Kudus

Petugas melakukan patroli gabungan di hutan wilayah Kendeng, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)
Petugas melakukan patroli gabungan di hutan wilayah Kendeng, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Ratusan petugas Perhutani KPH Purwodadi Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Penganten melakukan patroli di kawasan hutan Kendeng, Desa Wonosoco, Undaan, Kudus, Jumat (20/1/2017). Patroli dilakukan sebagai bentuk pengawas serta sosialisasi dalam upaya penjagaan hutan di wilayah Kendeng. Makanya hal itu gencar dilakukan dalam beberapa waktu terakhir.

Asisten Perhutani (Asper) BKPH Penganten Ridho Hariyanto mengatakan, petugas gabungan terdiri dari Polisi Kehutanan, Polsek Undaan, Kader Siaga Trantib (KST), BPBD, satgas peduli api Undaan, Karang Taruna wilayah Undaan, serta sejumlah kelompok sadar lingkungan.  “Ratusan orang ikut berpatroli. Kami bagi dalam sejumlah kelompok kelompok kecil. Semuanya antusias dalam patroli hutan di kawasan Kendeng kali ini,” katanya di lokasi patroli.

Pembagian kelompok dilakukan lantaran luasnya lahan perhutani. Jumlahnya sekitar  362,5 hektare (Ha).  Patroli dilakukan juga untuk kampanye penyelamatan wilayah Kendeng. Sasarannya adalah pembalakan hutan dan juga alih fungsi lahan hutan menjadi kawasan pertanian semusim. Selain itu, cara patroli dianggap mampu membuat jera perusak hutan.

Selain berpatroli, juga dilakukan kegiatan pemasangan papan peringatan di sejumlah titik hutan. Jumlah papan peringatan ada 40 papan, dengan tulisan larangan penggarapan lahan, larangan penebangan pohon dan juga larangan pengerusakan tegakan.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...