Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tanggul Sungai Wulan Longsor, Undaan Kudus Terancam Banjir

Seorang warga berada di pinggir tanggul Sungai Wulan di Undaan, Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)
Seorang warga berada di pinggir tanggul Sungai Wulan di Undaan, Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Bantaran tanggul yang terdapat di samping sungai Wulan, Undaan, Kudus, longsor dalam beberapa pekan berakhir. Longsoran tanggul terjadi dalam beberapa titik dan mengancam bencana banjir.

Longsoran terjadi di Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan. Kejadian longsor berada di tanggul Sungai Wulan, yang berdekatan dengan Demak. Longsor juga berada di sejumlah titik, baik yang mengarah ke persawahan warga maupun mengarah ke sungai Wulan.

Setu (62) warga setempat menjelaskan kalau tanggul longsor terjadi beberapa kali. Paling parah, longsoran terjadi pada Rabu (18/1/2017) yang menyebabkan tanggul terkikis dalam jumlah yang cukup banyak.

“Beberapa kali tanggul longsor, kemarin saja longsor cukup banyak di sana. Saat longsor biasanya disertai dengan hujan yang cukup deras, lha pas saya di sekitar sini,” katanya kepada MuriaNewsCom di lokasi, Kamis (19/1/2017).

Menurutnya yang berprofesi sebagai petani menyebutkan, tanggul memang rawan longsor. Meski skala tidak terlalu besar, namun kerap kali longsor terjadi karena tanah yang tidak padat.

Sementara, Komandan Koramil 03/Undaan Kapten Inf Sri Widodo mengatakan, phaknya telah melaporkan adanya longsoran di bantaran tanggul sungai Wulan. Rencananya, komunikasi dengan instansi terkait akan ditingkatkan guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Kami akan komunikasi dengan pihak kecamatan. Kami sifatnya hanya membantu dalam penanganan bencana. Namun kami upayakan sebisa kami,” katanya

Dikatakan, longsor terjadi sepanjang 200 meter pada bagian luar tanggul. Kedalaman longsoran mencapai dua meter di bagian luar. Sedangkan pada bagian dalam, longsor juga terjadi pada jarak yang tak jauh dari longsor bagian luar. 

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...