Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Pengurus Pramuka Tawangharjo Grobogan Dibekali Pengetahuan Jurnalistik dan Kehumasan

 

Humas Kwarcab Grobogan Agus Winarno menyampaikan materi bidang kehumasan pada peserta pelatihan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Humas Kwarcab Grobogan Agus Winarno menyampaikan materi bidang kehumasan pada peserta pelatihan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Sekitar 30 pengurus pramuka Kwarran Tawanghajo mendapat pembekalan jurnalistik dan kehumasan. Pembekalan bagi pengurus pramuka dilangsungkan di SDN 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan, Kamis (19/1/2017).

Dalam pembekalan ini, ada ruang kelas yang digunakan untuk tempat pembekalan. Yakni, ruang kelas V dan VI. Pelatihan ini dibukan Sekretaris Kwarran Tawangharjo M Luazin Luthfi.

Humas Kwarcab Grobogan Agus Winarno menyatakan, dalam era globalisasi seperti saat ini, peran media atau informasi dirasa semakin penting. Sebab, dari bidang inilah yang menjadi rujukan berbagai pihak guna mendapatkan data ataupun informasi yang lengkap.

Oleh sebab itu, para pengurus pramuka perlu mendapat pembekalan jurnalistik dan kehumasan dengan beberapa tujuan. Melalui pembekalan ini, para pengurus setidaknya bisa mendokumentasikan kegiatan yang dilakukan dengan baik.

Kemudian, dengan adanya pelatihan maka para pengurus khususnya bidang abdimas humas bisa membuat sebuah laporan kegiatan secara lengkap dan terperinci.

“Tujuan lebih luas lagi, kita berharap para pengurus di level kwarran juga bisa membikin press release bagi rekan-rekan media. Dengan adanya press release ini akan sangat membantu penyampaian kegiatan dengan jangkauan yang lebih luas,” kata Agus.

Dijelaskan, selama ini, ada cukup banyak kegiatan yang dilakukan anggota maupun pengurus pramuka di tingkat kwarran. Namun, kegiatan itu jarang terekspos karena terkendala dalam pembuatan press release.

Sejauh ini, aktivitas yang dilakukan hanya terangkat lewat akun media sosial milik kwarran maupun personal. Namun, informasi yang tersaji hanya sekilas saja sehingga seringkali masih muncul pertanyaan dari berbagai pihak.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, kita diharapkan para peserta bisa lebih aktif dalam menyajikan informasi. Khususnya mengenai kegiatan yang dilakukan Kwarran Tawangharjo. Diharapkan dengan cepatnya informasi yang disajikan membuat masyarakat luas lebih paham dengan aktivitas yang kita lakukan,” imbuh Waka Abdimas Humas Kwarran Tawangharjo Wibisono.

Wibisono menyatakan, bidang humas ini punya peran yang cukup penting untuk penyampaikan berbagai informasi atau kegiatan pada masyarakat luas. Untuk bisa menyampaikan informasi maka perlu disiapkan lebih dulu personelnya.

Dia menegaskan, melalui pelatihan tersebut, para peserta bisa mendapatkan pemahaman dan pengetahuan dasar masalah jurnalistik, minimal membuat laporan kegiatan dan rilis pers.

“Jadi melalui kegiatan ini, peserta pelatihan nantinya akan bisa membuat sebuah berita singkat tetapi tulisan yang dihasilkan sudah mengacu pada kode etik jurnalistik. Hal ini penting dilakukan karena hasil tulisan nanti, minimal akan dipublikasikan pada publik melalui media yang sudah kita miliki. Yakni, akun media sosial dan website,” terangnya.

Sementara itu, pelaksanaan pelatihan jurnalistik selama sehari tersebut berlangsung cukup atraktif. Indikasinya, bisa dilihat dari berbagai pertanyaan yang dilontarkan peserta pelatihan.

Dalam kegiatan itu, ada empat narasumber yang dihadirkan. Yakni, Abdimas Humas Kwarcab Grobogan Agus Winarno, Andalan Ranting Tawangharjo Sutanto, Andalan Cabang Mulyono dan Dani Agus dari koranmuria.com.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...