Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ganjar Imbau Siswa untuk Tidak Percaya Berita Hoax

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengajar di SMAN 1 Mlonggo, Kamis (19/1/2017). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengajar di SMAN 1 Mlonggo, Kamis (19/1/2017). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Jepara – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajar di SMAN 1 Mlonggo, Jepara, Kamis (19/1/2017). Dalam kesempatan ini, Ganjar menyampaikan berbagai hal kepada siswa, di antaranya terkait dengan berita hoax atau berita bohong.

Gubernur meminta, agar siswa untuk tidak percaya terhadap berita hoax. “Orang itu harus pintar memilah dan memilih sebuah berita. Dan jangan langsung percaya berita yang ada di media sosial. Kita harus cerdas untuk aktif mencari kebenaran informasi tersebut, supaya tak jadi fitnah,” ucapnya.

Dirinya juga mengakui bahwa dengan adanya teknologi berupa hand phone, maka setiap hari seseorang bisa melihat serta mengakses berita, apakah itu berita hoax atau tidak.

Untuk itu, ketika membaca atau melihat berita, diimbau untuk tidak langsung membagikan ke teman atau publik. Sebab, bisa saja berita itu hoax atau palsu.  Sehingga,harus benar-benar dicermati sebelum dibagikan, karena jika tidak benar, bisa menimbulkan fitnah.

Dalam kesempatan ini, Ganjar juga menyampaikan mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba. “Jadi, pelajar itu harus bisa berani mencegah adanya narkoba. Sebab bila narkoba itu dikonsumsi, maka akan bisa menghancurkan masa depan. Bahkan bisa membuat gila pemakainya, dan juga bisa memutuskan persahabatan serta pasangan masing-masing,” ujarnya.

Di hadapan siswa, Ganjar juga bercerita bagaimana masa lalunya ketika masih mengenyam pendidikan di SMA. “Ketik saya SMA dulu, tidak punya sepeda motor kayak siswa sekarang ini. Dulu saya masih ngekos, masak sendiri dan masih bekerja sampingan menjual bensin eceran,” bebernya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...