Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PDAM Kudus Pasang Alat Ajaib Ini, Hasilnya Air yang Muncrat jadi Luar Biasa

ILUSTRASI
ILUSTRASI

MuriaNewsCom, Kudus – PDAM Kudus memasang alat ajaib Variable Speed. Hal itu merupakan solusi banyaknya laporan tentang aliran air yang kecil. Bahkan masyarakat banyak yang menganggap pelayanan PDAM kurang memuaskan.

Hal itu disampaikan oleh Direktur PDAM Kudus Ahmadi Safa. Dia menjawab persoalan pelanggan yakni dengan memasang alat yang disebut Variable Speed, di tiga jaringan miliknya. “Alat itu berfungsi mengendalikan tekanan air, jika pengguna banyak, maka alat akan mengucurkan air dengan banyak. Tapi kalau sedikit, maka air juga mengalir sedikit. Jadi menyesuaikan kebutuhan air,” katanya kepada MuriaNewsCom  di Kudus, Rabu (18/1/2017).

Menurutnya, alat tersebut cocok digunakan untuk daerah dataran tinggi atau kawasan yang bergelombang. Sebab daerah itu membutuhkan dorongan yang kuat agar air mampu sampai ke pelanggan dengan baik.

Untuk itulah dipilih tiga lokasi pemasangan alat, yakni kawasan Terban Jekulo, kawasan Dawe serta Desa Glagahwaru Undaan. Ketiga lokasi membutuhkan perlakuan lebih dalam pendistribusian air bersih.

Dikatakan Ahmadi, satu unit Variable Speed seharga Rp 50 juta. Jumlah yang dikeluarkan dianggap tak masalah lantaran kenyamanan pelanggan menjadi hal yang diutamakan. Dikatakan, alat tersebut masih dalam uji coba. Jika nantinya dianggap bagus, maka PDAM akan menambahnya sesuai kebutuhan.

“Dulu pipa kami sering pecah. Sebab kencangnya aliran air tak sebanding dengan penggunaan air. Namun saat pengguna banyak juga pernah aliran biasa saja. Untuk itulah dibutuhkan alat tersebut,” ungkap dia.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...