Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati Grobogan Tantang Kepala Dinas PUPR Perbaiki Jalan Selesai Sebelum Lebaran

Bupati Grobogan Sri Sumarni saat menyerahkan DPA pada Kadinas PUPR Subiyono di gedung Riptaloka, Rabu (18/1/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Bupati Grobogan Sri Sumarni saat menyerahkan DPA pada Kadinas PUPR Subiyono di gedung Riptaloka, Rabu (18/1/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Bupati Sri Sumarni melontarkan tantangan khusus pada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Grobogan Subiyono untuk bisa menyelesaikan proyek perbaikan jalan sebelum Lebaran. Khususnya, untuk proyek perbaikan jalan yang dibiayai dengan dana pinjaman dari pihak ketiga sebesar Rp 200 miliar.

“Dalam APBD 2017 kita siapkan dana Rp 200 miliar khusus untuk perbaikan jalan. Nah, sebelum Lebaran kita targetkan perbaikan jalannya sudah rampung. Dengan demikian, akan banyak masyarakat yang bisa menikmati,” tegas Sri Sumarni dalam acara penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun anggaran 2017 di gedung Riptaloka, Rabu (18/1/2017).

Menurutnya, tantangan yang dilontarkan pada Kadinas PUPR itu cukup realistis. Sebab, momen Lebaran masih cukup lama, yakni sekitar akhir Juni mendatang.

Untuk bisa mencapai target tersebut, ada satu hal yang perlu dilakukan. Yakni, melangsungkan proses pelelangan proyek secepatnya.

“Kuncinya ada di pelelangan. Kalau lelangnya cepat maka proyek juga bisa segera dikerjakan,” katanya.

Masalah pinjaman sebesar Rp 200 miliar untuk perbaikan jalan pada tahun ini, sebelumnya sudah mendapat persetujuan dari DPRD Grobogan. Rencananya, dana pinjaman itu akan digunakan untuk perbaikan jalan sepanjang 66,3 km.

Dana pinjaman nanti akan dialokasikan untuk perbaikan jalan yang dibagi dalam dua wilayah. Yakni, wilayah Grobogan bagian Timur dan Barat yang masing-masing dialokasikan Rp 100 miliar.

Proyek jalan nanti akan dibagi dalam beberapa paket pekerjaan. Nilai tiap pekerjaan di atas Rp 2,5 miliar.

Pinjaman dana untuk perbaikan jalan ini didapat dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Perusahaan ini merupakan salah satu BUMN yang bergerak dalam bidang pembiayaan infrastruktur.

“Masalah pinjaman Rp 200 miliar ini juga sudah mendapat lampu hijau dari Kemendagri. Perbaikan jalan ini butuh dana besar karena ruas jalan yang rusak cukup banyak. Pinjaman yang akan kita ajukan sebesar Rp 200 miliar ini sudah kita kaji dan hitung dengan cermat sehingga tidak akan membebani keuangan daerah,” imbuh Sri.

Sementara itu, Kadinas PUPR Subiyono ketika dimintai tanggapannya menyatakan siap menerima tugas yang dibebankan. Meski dinilai cukup berat namun, mantan Kadinas Pengairan itu akan berupaya semaksimal mungkin untuk menuntaskan perbaikan jalan sebelum Lebaran.

Setelah menerima DPA, pihaknya akan segera mempersiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan proyek perbaikan jalan. Seperti membuat rencana anggaran dan desain gambar serta dokumen kelengkapan administrasi lainnya.

“Saya targetkan pada awal Maret sudah mulai proses lelang proyek. Kemudian, awal April proyek perbaikan jalan sudah mulai dilakukan sehingga bisa rampung waktunya sebelum Lebaran. Kita akan upayakan semaksimal mungkin untuk mencapai target yang dibebankan,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...