Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini Jumlah Lubang di Permukaan Jalan di Kudus yang Wajib Diwaspadai

Warga melintas di jalan rusak daerah Getassrabi,  Kabupaten Kudus, Rabu (18/1/2017). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)
Warga melintas di jalan rusak daerah Getassrabi,  Kabupaten Kudus, Rabu (18/1/2017). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus  – Pemerintah Kabupaten Kudus menemukan data jumlah titik jalan yang berlubang di Kudus saat ini. Yaitu sekitar 770 lubang jalan. Pihaknya berharap pengendara lebih hati-hati saat melintas di jalan rusak, mengingat bisa rawan celaka. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus Sam’ani Intakoris menyebutkan, perkiraan total lubang jalan mencapai sekitar 770 lubang. Saat ini pihaknya tengah mengupayakan persiapan penambalan lubang, baik dari material  maupun petugasnya.

“Kami harus segera memperbaiki, jika tidak maka masyarakat pasti terganggu. Selain itu, lubang kecil jika dibiarkan, maka akan semakin melebar dan makin banyak,” katanya kepada MuriaNewsCom ditemui di Kudus, Rabu (18/11/2017).

Menurutnya, pada penambalan jalan rusak, pihaknya tahun ini akan menyiapkan sekitar 1.500 ton aspal. Jumlah tersebut dipergunakan untuk memperbaiki jalan yang rusak di 2017. Banyaknya jumlah aspal itu karena saat ini tingkat kerusakan jalan sedang tinggi. Di antara pemicu kerusakannya adalah tingginya intensitas hujan.

Pihaknya menerima data dari BMKG bahwa hujan masih diperkirakan akan turun sampai Februari. Dia memperkirakan jumlah aspal yang dikeluarkan setiap bulannya 500 ton. Dalam melakukan perawatan jalan, pihaknya memperhatikan skala prioritas.

“Melihat hal tersebut kami gunakan skala prioritas. Mana lokasi yang benar-benar membutuhkan perbaikan atau penambalan, dan mana yang masih cukup,” ujarnya.

Dalam melakukan perbaikan, pihaknya menyadari membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk membenahi jalan rusak. Selain material yang terbatas, petugas yang melaksanakan kegiatan tersebut juga terbatas.

Sebenarnya kerusakan jalan di Kudus tidak terlalu parah. Namun potensi kerusakan akan lebih fatal jika tak segera ditangani. “Kami meminta masyarakat bersabar, karena kami akan menanganinya,” jelasnya.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...