Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

“Durian Petruk Itu…., Rasanya Khas Banget”

DURIAN PETRUK, APA KABARMU?

Aktivitas di Pasar Ngabul, Jepara, yang tampak ramai dipenuhi dengan penjual durian. Namun demikian, untuk bisa mendapatkan durian petruk khas Jepara, kini sudah mulai sulit. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Aktivitas di Pasar Ngabul, Jepara, yang tampak ramai dipenuhi dengan penjual durian. Namun demikian, untuk bisa mendapatkan durian petruk khas Jepara, kini sudah mulai sulit. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Jepara – Bagi penggemar buah durian,belum lengkap rasanya jika belum mencicipi lezatnya durian petruk, durian khas Jepara. Durian petruk mempunyai ciri bentuk buahnya yang besar dan panjang. kalau dalam tokoh pewayangan mirip hidungnya tokoh punakawan petruk yang panjang, maka orang menyebutnya durian petruk .

“Durian petruk itu, rasanya khas banget. Daging buah durian petruk sangat tebal, berwarna kuning mentega, dan bijinya kecil. Baunya harum, dan rasanya pun manis. Satu lagi kelebihan dari durian ini yaitu tahan terhadap hama penyakit dan busuk akar,” ujar Aini Rosyida, salah satu warga Kalinyamatan, Jepara, yang mengaku sangat gemar dengam buah durian, khususnya durian jenis petruk.

Namun demikian, katanya, saat ini dirinya cukup sulit untuk bisa mendapatkan durian petruk. Di Pasar Ngabul, yang merupakan pusat penjualan buah durian, saat ini juga jarang ada yang menjual durian petruk.

Dirinya juga menceritakan, jika sekitar Desember 2016 lalu, dirinya mencoba mencari durian petruk pasar buah. Apalagi, ketika itu, dirinya kedatangan tamu keluarga dari Pekalongan, yang juga kepingin mencicipi buah durian petruk.

“Ketika saya ke penjualnya, katanya, yang dijual itu durian jenis petruk. Maka, saya langsung beli lima buah. Harganya sekitar Rp 300 ribu untuk lima buah. Namun, ketika kami belah, ternyata bukan durian, petruk, tetapi durian biasa seperti umumnya,” katanya.

Menurutnya, durian yang dibeli tersebut, juga jauh berbeda dengan durian petruk yang pernah ia rasakan. Namun demikian, meski penjual durian tersebut sudah tak berkata jujur, namun dirinya tidak merasa dibohongi soal harga. Sebab, yang durian yang ia beli, masih standar, sekitar Rp 70 ribu per buah.

“Tidak apa-apa yang penting bukan dibohongi mengenai harga. Sebab harga durian petruk setahu saya ya sangat mahal, yakni sekitaran Rp 150 ribu per buah. Durian yang saya beli ini sekitaran Rp 70 ribu,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...