Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tanaman Enceng Gondok Hambat Sungai Undaan Kudus 

Anggota Koramil bersama warga membersihkan tanaman enceng gondok di sungai Undaan Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)
Anggota Koramil bersama warga membersihkan tanaman enceng gondok di sungai Undaan Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Warga Undaan Kudus melakukan kegiatan kerja bakti di sepanjang sungai di wilayah setempat, Selasa (17/1/2017). Di antara yang dibersihkan adalah tanaman enceng gondok. Sebab tanaman itu menghambat arus sungai dan airnya terhalang saat mengalir ke sawah.

Kades Wonosoco Undaan Setiyo Budi mengatakan, warga melakukan kerja bakti bersih sungai dari sampah dan enceng gondok. “Kegiatan bersih-bersih sungai biasanya dilakukan saat libur. Kami membersihkan sungai yang penuh dengan enceng gondok dan juga sampahnya,” kata Setiyo.

Menurutnya, tak hanya Wonosoco saja yang penuh sampah. Namun juga untuk daerah lainnya. Khususnya daerah endapan air seperti Desa Karangrowo hingga sungai yang memasuki daerah Pati. Pembersihan aliran sungai dari enceng gondok juga mampu mengurangi potensi banjir. Sebab dengan sungai yang bersih, maka alirannya bisa lebih lancar.

Komandan Koramil 03/Undaan Kapten Inf Sri Widodo mengatakan, Koramil dan petani telah membersihkan enceng gondok di kawasan sungai Undaan, Minggu (15/1/2017). Mereka membersihkannya di saluran sungai sepanjang Dukuh Krajan, Desa Karang Rowo hingga ke perbatasan Dukuh Jongso, Desa Wotan, Pati.

“Kami membantu petani dari kelompok tani di antaranya Poktan Jungkemi, Poktan Krajan 1, Poktan Krajan 2, Poktan Joyo Mulyo, Poktan Kudus Manis dan Poktan Loistijab yang berjumlah lebih dari 50 orang,” ungkapnya.

Sebelum dibersihkan, sepanjang aliran sungai tersebut, sebagian permukaan airnya sudah tertutupi enceng gondok. 

Sementara itu, Ketua Gapoktan Rukun Tani Hawi Sukamto mengucapkan terima kasih atas dukungan dari pihak Koramil yang bersama warga dan kelompok tani membersihkan enceng gondok ini.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...