Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Keong Waduk Seloromo Gembong Disulap jadi Abon Lezat

Khoridatul Bahiyah, warga Desa Selorejo, Gembong menunjukkan abon keong hasil pemanfaatan populasi keong dari Waduk Seloromo. (MuriaNewsCom/Lismanto)
Anggota Kelompok Tani Wanita Putri Sela menunjukkan abon keong hasil pemanfaatan populasi keong dari Waduk Seloromo. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Populasi keong yang membeludak di kawasan Waduk Seloromo Gembong, Pati membuat seorang warga setempat memanfaatkannya menjadi olahan makanan yang enak. Khoridatul Bahiyah, Kelompok Tani Wanita Putri Sela Desa Selorejo berhasil menyulapnya menjadi abon lezat.

“Saya melihat banyak sekali populasi keong di pinggiran waduk. Keberadaannya terbiarkan begitu saja. Sejumlah warga yang berminat, biasanya sekadar untuk membuat sate keong atau keong rebus,” ujar Bahiyah, Selasa (17/1/2017).

Menurutnya, sate keong sudah menjadi olahan biasa. Karenanya, dia lantas berpikir untuk memanfaatkan keong supaya menjadi komoditas makanan bernilai ekonomi tinggi. Dari sana, Bahiyah mencoba membuat kreasi keong menjadi abon.

Awalnya, Bahiyah khawatir gagal bereksperimen membuat abon keong. Setelah dicoba, abon keong kreasinya berhasil dibuat dengan rasa gurih alami meski tidak diberi penyedap, pengawet atau pemanis.

Sayangnya, dia tidak memilih alat untuk menghaluskan keong. Peralatan dapur seperti blender akhirnya dimanfaatkan untuk menghancurkan keong. Kendati hasilnya tidak sehalus yang diharapkan, tetapi abon buatan Bahiyah sudah digemari pembeli.

“Abon keong buatan saya masih untuk konsumsi sendiri dan saya jual kepada teman-teman dekat. Ke depan, saya akan mencoba untuk menjual di pasaran. Saya masih terus berinovasi untuk menemukan format abon keong yang enak, tanpa bahan kimia,” tuturnya.

Abon keong dari Waduk Seloromo buatannya juga diharapkan bisa menjadi ikon baru sebagai oleh-oleh khas Kecamatan Gembong. Pengunjung waduk menjadi target utama penjualan produk abon keong hasil kreasinya. Dia berharap, pemerintah dan masyarakat mendukung upayanya membuat abon keong sebagai oleh-oleh baru khas Gembong.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...