Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Mahasiswa Kudus Aksi Damai di Gedung DPRD

demoMuriaNewsCom, Kudus – Aliansi Mahasiswa Muhammadiyah Kudus, menggelar aksi 171, di halaman gedung DPRD Kudus, Selasa (17/1/2017). Aksi menuntut tingginya Tarif Dasar Listrik (TDL) yang dinilai tak pro rakyat.

Sebelumnya, mereka melakukan aksi di Alun-alun Kudus, siang tadi. Aksi damai tersebut, diikuti oleh puluhan mahasiswa. Di antaranya, BEM STIKES Muhammadiyah Kudus, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Kudus dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kudus.

Koordinator Lapangan Rowi Mashad, menyebutkan tingginya TDL merupakan kebijakan yang dianggap tak pro rakyat . “Kami menuntut agar TDL bisa diturunkan,” kata Rowi dalam orasinya.

TDL tersebut, kata dia, terlalu membebani masyarakat kecil. Mahasiswa berpendapat kebijakan itu perlu ditinjau kembali. Yang jelas, TDL harus turun biar rakyat tak terbebani.

Selain itu, tuntutan lain adalah untuk menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM). Harga BBM sekarang sangat tinggi. Masyarakat resah dengan naiknya harga kebutuhan.

“Jika BBM naik, maka harga juga ikut naik. Itu jelas dan dapat membuat rakyat menjadi sengsara. Untuk itu tolak kenaikan BBM,” ucapnya.

Dalam audiensi di dewan, anggota DPRD Komisi C Mawahib mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti tuntutan mahasiswa. “Dalam rapat DPRD akan kami tindaklanjuti. Apa yang menjadi usulan dan tuntutan, saya tampung, dan kemudian akan kami bahas dalam rapat pembahasan,” kata Mawahib.

Dalam aksi tersebut, massa sempat melakukan orasi di depan pendapa Kudus. Kemudian dilanjut dengan mengelilingi Alun-alun Kudus dan akhirnya long march ke DPRD.

Aksi diikuti sampai dengan 100 mahasiswa. Aksi dimulai sekitar pukul 09.41 WIB hingga 11.45 WIB. Massa bubar setelah dari gedung DPR D.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...