Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Tolak Pengajuan Saksi Pilkada Pati dari Relawan Kotak Kosong

Ketua KPU Pati Much Nasich menunjukkan surat terkait pengajuan saksi pilkada dari relawan kotak kosong.(MuriaNewsCom/Lismanto)
Ketua KPU Pati Much Nasich menunjukkan surat terkait pengajuan saksi pilkada dari relawan kotak kosong.(MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menolak pengajuan penempatan saksi dari relawan kotak kosong pada Pilkada Pati yang akan berlangsung pada 15 Februari 2017. Hal itu ditegaskan dalam surat Nomor 019/KPU-Prov/012/11/1/2017 per 11 Januari 2017.

Surat itu diberikan kepada Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Pati Muntamah, Forum Komunikasi LSM Penegak Demokrasi, dan Aliansi Kawal Demokrasi Pilkada Pati. Dalam surat tersebut, KPU menolak permohonan saksi dari pihak kotak kosong.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Pati Much Nasich mengatakan, eksistensi kotak kosong yang ada pada surat suara berdampingan dengan pasangan calon tunggal bukan sebagai peserta pemilu. Karena itu, penolakan pengajukan saksi dari relawan kotak kosong dianggap keputusan yang sudah sesuai dengan aturan.

“Menurut saya, keberadaan kolom kosong yang ada pada surat suara bukan peserta pemilu. Jadi, KPU tidak bisa memfasilitasi. Bila ada aturan yang bisa menjadi pijakan, tentu kami siap memfasilitasinya. Namun, aturannya tidak ada,” ujar Nasich, Selasa (17/1/2017),

Dia juga sudah berkoordinasi dengan KPU Jateng terkait dengan pengajuan saksi kotak kosong di tempat pemungutan suara (TPS). Dalam Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2016 Pasal 1 angka 23 menyebutkan, saksi adalah orang yang mendapatkan mandat tertulis dari pasangan calon atau tim kampanye untuk menyaksikan pelaksanaan pemungutan atau penghitungan suara di TPS.

Dengan dasar tersebut, kolom kosong yang tidak bergambar tidak memiliki saksi. Hal itu yang disampaikan kepada Ketua Partai Nasdem Pati, Forum Komunikasi LSM Penegak Demokrasi, dan Aliansi Kawal Demokrasi Pilkada Pati yang awalnya mengajukan permohonan saksi untuk kolom kosong.

Partai Nasdem sendiri merupakan parpol oposisi yang menjadi satu-satunya partai yang tidak mengusung paslon Haryanto dan Saiful Arifin. Partai ini merapat ke barisan kotak kosong.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...