Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tarif Parkir Tak Sesuai, Dishub Kudus : Itu Pungli dan Silakan Lapor Polisi

Petugas Dishub Kudus saat menata papan tarif parkir di kantor dinasnya, Sabtu (14/1/2017). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)
Petugas Dishub Kudus saat menata papan tarif parkir di kantor dinasnya, Sabtu (14/1/2017). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Didik Sugiharto mengatakan, bagi para juru parkir yang meminta bayar parkir melebihi ketentuan, merupakan salah satu bentuk pungutan liar (pungli). Untuk itu ancaman yang diberlakukan masuk dalam ranah hukum dagang dan bisa dilaporan ke kepolisian.

Didik mengatakan, hal itu sudah menjadi aturan, khususnya di lingkungan Dishub. Dia tidak mau jika ada petugas yang menarik melebihi aturan. Sebab itu mencoreng nama Dishub. Untuk itu proses hukum akan dijalankan.

“Cara semacam itu sudah masuk pungli, jadi masyarakat bebas untuk melaporkan kepada petugas kepolisian terkait hal itu. Biar nanti petugas yang menindaknya biar kapok,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, jika masyarakat hendak melakukan laporan. Dia meminta untuk pertama meminta karcis. Jika tidak dikasih atau ternyata tidak sesuai, maka dapat dilanjutkan dengan mengambil gambar petugasnya. Barulah laporan bisa diberikan.

Pengambilan gambar dimaksudkan, agar semuanya menjadi jelas. Sehingga juru parkir yang nakal bisa langsung di eksekusi dengan bukti foto yang diambil. Selain itu, dalam mengambil foto sekarang juga mudah dengan fitur HP canggih. “Kalau tidak mau menuruti aturan, maka hukumlah yang akan berlaku. Masyarakat bebas memantau dengan bebas,” ungkapnya.

Dalam papan tarif parkir, tertulis untuk tarif parkir khusus yakni parkir yang dikelola Dishub, Perda no 7 tahun 2011. Sepeda motor Rp 1000, pikap, sedan dan sejenisnya Rp 1.500, minibus Rp 2.000, serta bus dan truk atau sejenisnya Rp 4000. 

Sementara tarif parkir umum yakni di jalan protokol, sesuai Perda nomor 8 dan 9 tahun 2011, tarifnya sepeda motor Rp 500, untuk mobil kecil Rp 1.000, dan mobil tanggung Rp 1.500.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...