Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bangkitkan Kesenian Lokal, SAMUPA Gelar Pentas Seni di TPA Bandengan

Apresiasi seni yang digelar SAMUPA di TPA Bandengan Jepara mulai 12-14 Januari 2017. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Apresiasi seni yang digelar SAMUPA di TPA Bandengan Jepara mulai 12-14 Januari 2017. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Jepara – Para pelaku seni, budayawan, dan penggiat seni yang tergabung dalam Sastra, Musik dan Seni Rupa(SAMUPA) menggelar apresiasi seni di TPA Bandengan, pada 12-14 Januari 2017.

Ketua Panitia SAMUPA Pipid Bagus Saputro mengatakan, tujuan diselenggarakan acara tersebut adalah, supaya menjadikan masyarakat tahu apa, bagaimana, dan maksud serta tujuan dari karya seni itu sendiri.

“Kami mengajak supaya semua masyarakat Jepara untuk menyadari, bahwa seni dan budaya tidak bisa dipisahkan yang memiliki arti strategis sebagai bagian dari pembangunan pada sebuah daerah,” ungkapnya.

Menurutnya, penyelenggaraan kegiatan apresiasi seni tersebut, merupakan salah satu upaya yang dilakukan para pelaku seni, budayawan, dan penggiat seni untuk memperkuat semangat dalam membangkitkan kembali seni budaya di Jepara.

Katanya, apresiasi seni tersebut merupakan suatu penilaian terhadap karya seni. Baik mengenali, menilai, dan menghargai bobot-bobot seni atau nilai seni yang terkandung dalam karya seni tersebut. “Oleh sebab itu, melalui apresiasi seni atau pentas seni ini mari kita memperkuat rasa cinta kepada budaya lokal sekaligus sebagai alat perekat rasa persaudaraan dan kebersamaan khususnya di Kabupaten Jepara,” katanya.

Apresiasi seni tersebut, katanya, merupakan kali kedua digelar oleh SAMUPA. Pentas seni pada pertama kali di sekitar bulan Juni tahun 2016. “Untuk acara kali ini, ada 12 acara yang dirangkai selama 3 hari itu. Yakni, mulai dari hari pertama berupa pameran seni rupa dengan tema “Lorong Waktu”, sketsa bersama, peformance art and tatto, serta diskusi seni rupa.

Sedangkan untuk hari kedua dilanjutkan dengan Launching Artzine berjudul “Galau-galau Seni”, pentas teater, pembacaan puisi, dan diskusi sastra. Sementara itu, di puncak acara yakni hari ketiga menampilkan pra launching album musik “Bela Nada”, secret launching, peformance band dan ditutup dengan diskusi musik.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...