Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Video Conference dengan Menteri BUMN, Bupati Grobogan Curhat Minta Tambahan Alokasi Pupuk

Bupati Grobogan Sri Sumarni secara simbolis menyerahkan Kartu Tani pada perwakilan petani. (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Bupati Grobogan Sri Sumarni secara simbolis menyerahkan Kartu Tani pada perwakilan petani. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Bupati Grobogan Sri Sumarni sempat melontarkan permintaan pada Menteri BUMN Rini Soemarno saat melangsungkan video conference dari gedung Riptaloka, Kamis (12/1/2017). Yakni, meminta penambahan alokasi pupuk bersubsidi untuk wilayah Grobogan.

Permintaan tambahan alokasi itu dilakukan karena jatah pupuk bersubsidi khususnya jenis Urea sedikit turun. Pada tahun 2016, jatahnya sekitar 72 ribu ton. Tahun ini, alokasinya jadi sekitar 68 ribu ton.

“Kami berharap ada tambahan alokasi pupuk bersubsidi. Dengan tambahan nanti, tidak akan terjadi kelangkaan pupuk. Soal ini, saya paham betul Bu Menteri karena lama bergelut dalam bidang pupuk,” katanya pada Rini yang dalam kesempatan itu ada di Magelang bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pelaksanaan video conference dilakukan dalam rangka peluncuran dan penyaluran Kartu Tani se-Jawa Tengah secara serempak. Pusat acaranya dilakukan di Magelang. Tetapi, dalam waktu bersamaan, semua bupati atau wali kota juga diwajibkan menggelar acara serupa.

Saat video conference, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga sempat menanyakan soal adanya keluhan kelangkaan pupuk di Grobogan.

“Tidak ada kelangkaan lagi di Grobogan. Kemarin memang sempat ada yang mengirimkan ke Twitter Pak Ganjar dan langsung kita tindaklanjuti. Sekarang ini sudah tidak ada masalah,” ujarnya.

Usai melangsungkan video conference, Sri Sumarni secara simbolis menyerahkan Kartu Tani pada beberapa penerima. Acara penyerahan kartu tani dihadiri pula Sekretaris Daerah Sugiyanto dan pejabat terkait lainnya.

Hadir pula, Pemimpin Cabang BRI Purwodadi Agung Nugraha. Acara itu juga dihadiri pula oleh produsen berserta distributor dan perwakilan penyalur pupuk, kepala UPTD dinas pertanian se-kabupaten ditambah perwakilan petani.

Dari data yang didapat, jumlah alokasi kartu tani di Grobogan ada 164.379 kartu. Dari jumlah ini, sudah tercetak 137.934 kartu dan sisanya sebanyak 26.445 kartu masih dalam proses cetak.

Dari jumlah kartu yang tercetak, sudah didistribusikan sebanyak 15.920 kartu. Sisanya, akan didistribusikan lagi melalui 34 kantor BRI unit yang tersebar di 19 kecamatan.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...