Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini Suasana Hari Pertama Pemberlakukan Tarif Baru Pembayaran Pajak Kendaraan di Grobogan

 

Suasana kantor Samsat Grobogan relatif sepi pada hari pertama pemberlakuan tarif baru biaya administrasi STNK dan BPKB. (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Suasana kantor Samsat Grobogan relatif sepi pada hari pertama pemberlakuan tarif baru biaya administrasi STNK dan BPKB. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Hari pertama pemberlakuan tarif baru biaya administrasi surat-surat kendaraan, mulai Jumat (6/1/2016) ternyata ada dampaknya. Hal ini bisa dilihat dengan relatif sepinya suasana kantor Samsat Grobogan dibandingkan hari sebelumnya.

Dari pantauan di lapangan, areal parkir depan kantor Samsat yang lokasinya cukup luas tidak terlihat padat kendaraan. Kemudian, di tempat cek fisik kendaraan malah terlihat cukup lengang karena tidak sampai ada antrean panjang.

Sebagian besar warga yang datang untuk mengurus pembayaran pajak tahunan atau lebih dikenal dengan istilah perpanjangan STNK. Dalam perpanjangan STNK ini warga dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 25 ribu.

“Tadi ada biaya Rp 25 ribu untuk biaya pengesahan STNK. Sekarang, dalam kolom pengesahan STNK dikasih hologram. Dulu isinya tanda tangan,” kata Wartejo, salah seorang warga yang mengurus perpanjangan STNK.

Soal pajak kendaraan yang dikabarkan naik justru tidak ada perubahan signifikan. Beberapa warga menyatakan, pajak kendaraan justru nominalnya turun dibandingkan tahun lalu. Nilai penurunan pajak berkisar Rp 2.000 sampai Rp 5.000.

Meski demikian, ada juga warga yang pajak kendaraannya naik dari tahun lalu. Tetapi, angka kenaikannya relatif kecil, sekitar Rp 1.500 sampai Rp 3.000.

“Pajaknya cuma naik Rp 2.000 perak aja. Tapi tadi ada biaya pengesahan Rp 25.000. Selain itu tidak ada biaya lagi. Saya kira tadi pajaknya naik 100 persen seperti kabar yang saya dengar. Ternyata informasi yang saya terima kurang lengkap,” kata Indra, warga lainnya yang ditemui di kantor Samsat.

Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi Satlantas Polres Grobogan Iptu Untung mengatakan pemberlakuan tarif baru  biaya administrasi surat-surat kendaraan pada hari pertama memang didominasi warga yang membayar pajak tahunan. Pada hari perdana ini, ada sekitar 200 orang yang mengurus pembayaran pajak tahunan.

“Untuk pengajuan kendaraan baru belum ada yang masuk. Kalau pengajuan ganti kepemilikan (BPKB) juga masih sedikit hari ini,” katanya.

Pada pembayaran pajak tahunan memang dikenakan biaya pengesahan Rp 25 ribu untuk sepeda motor. Sedangkan untuk jenis mobil, biaya pengesahan STNK sebesar Rp 50 ribu.

“Biaya ini untuk pengesahan STNK dalam pembayaran pajak tahunan. Biaya ini, sesuai dengan PP 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP),” jelasnya.

Untung mengakui, memang masih banyak masyarakat yang masih belum mengerti informasi tarif baru tersebut. Mereka menganggap jika kenaikannya terdapat pada pajak yang harus dibayarkan.

Agar masyarakat lebih jelas, pihaknya sudah memasang informasi lengkap soal tarif baru di samping pintu masuk ruang pelayanan. Pada pengumuman ini tertera biaya PNBP baru mulai dari pengesahan pajak, biaya penerbitan STNK dan BPKB baru Selain itu, masyarakat juga bisa meminta penjelasan lebih dulu pada petugas supaya dapat informasi lengkap dan jelas.

Editor  : Akrom Hazami

Comments
Loading...