Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Satu Rumah Warga Rusak Parah Akibat Longsor di Sukolilo Pati

Kondisi rumah di Dukuh Lebak Kulon, Sukolilo, Pati yang rusak akibat terkena tanah longsor, Rabu (4/1/2017) dini hari. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Tanah longsor terjadi di Dukuh Lebak Kulon RT 8 RW 7, Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Pati, Rabu (4/1/2017) dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB.

Bencana longsor terjadi, akibat hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut dari Selasa (3/1/2017) siang. Akibat longsor, rumah permanen milik Slamet mengalami rusak berat.

Selain itu, tanah yang longsor menimbun jalan perkampungan yang digunakan warga untuk akses jalan. Sontak, jalan perkampungan tersebut sempat tidak bisa dilalui warga, sebelum akhirnya dievakuasi.

“Kawasan Sukolilo memang dilanda hujan lebat sejak kemarin. Struktur tanah yang kurang kuat disertai guyuran hujan dengan intensitas tinggi kerapkali membuat tanah di perbukitan rawan longsor,” ujar Dion, anggota Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut. Namun, kerugian material yang diderita pemilik rumah yang rusak akibat longsor diperkirakan mencapai Rp 30 juta. Timbunan tanah yang menutup akses jalan perkampungan berhasil dievakuasi warga. Mereka gotong royong membersihkan puing-puing longsor.

Di tengah cuaca ekstrem dengan intensitas hujan yang tinggi, warga Pati diminta untuk mewaspadai beberapa jenis bencana alam yang bisa datang sewaktu-waktu. Salah satunya, banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung. Di daerah perbukitan, bencana yang paling terjadi adalah tanah longsor.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...