Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Petani di Pati yang Belum Punya Kartu Tani Akan Diikutkan Pemutakhiran Data

Seorang petani menunjukkan kartu tani saat acara pembagian kartu tani di Desa Kutoharjo, Kecamatan Pati, beberapa hari yang lalu. (MuriaNewsCom/Lismanto)
Seorang petani menunjukkan kartu tani saat acara pembagian kartu tani di Desa Kutoharjo, Kecamatan Pati, beberapa hari yang lalu. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Petani di Pati yang belum memiliki kartu tani tidak bisa membeli pupuk bersubsidi yang dipasok dari pemerintah. Akibatnya, mereka harus membeli pupuk non subsidi hingga memiliki kartu tani.

Rencananya, mereka yang belum memiliki kartu tani akan diikutkan pada pemutakhiran data pemilik kartu tani 2017. Namun, waktu pemutakhiran data belum bisa dipastikan, sehingga petani yang ketinggalan tidak memiliki kartu tani diminta untuk membeli pupuk non subsidi.

“Nanti ada pemutakhiran data kartu tani, tapi belum tahu kapan waktunya. Yang jelas, 2017 nanti pasti ada. Konsekuensinya, petani yang belum punya kartu tani harus membeli pupuk non subsidi untuk kebutuhan pertanian,” kata Kelompok Jabatan Fungsional Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertanak) Pati, Puji Hartatik.

Sesuai dengan aturan, stok pupuk bersubsidi di Kabupaten Pati untuk 2017 diperuntukkan bagi petani yang memiliki kartu tani. Karena itu, mereka yang ketinggalan belum punya kartu tani diharapkan bersabar untuk menunggu hingga ada waktu pemutakhiran data.

Sejauh ini, para petani di Pati diakui sudah terakomodasi dengan memiliki kartu tani. Bila ada yang belum punya, Puji menyebut ada dua kemungkinan. Pertama, petani mengabaikan sosialisasi kartu tani. Kedua, perangkat desa kurang sukses dalam melakukan sosialisasi program kartu tani.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...