Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jalan Desa Nampu Grobogan Longsor lagi, Ini Rencana Penanganannya pada 2017

Lokasi jalan penghubung Desa Nampu, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan yang masuk wilayah Dusun Cengklik longsor. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Meski sudah sempat diperbaiki secara darurat, jalan penghubung Desa Nampu, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan yang masuk wilayah Dusun Cengklik kembali longsor. Hal ini terjadi setelah sungai yang ada di sebelah jalan kembali meluap.

Selain itu, arus air sungai menggerus tanah yang di atasnya terdapat tumpukan karung penahan longsor. “Karung berisi tanah yang kita pakai untuk penahan longsor secara darurat rusak diterjang derasnya air. Kejadiannya, sekitar lima hari lalu,” kata Camat Karangrayung Hardimin.

Menurutnya, perbaikan darurat sebelumnya dikerjakan secara gotong-royong oleh masyarakat dibantu BPBD Grobogan. Terkait longsor kedua, penanganan akan dilakukan secara permanen pada tahun 2017. Alokasi dana perbaikan sudah dianggarkan lewat dana desa yang diterima Desa Nampu.”Alokasi dana desa 2017 untuk Desa Nampu cukup besar, sekitar Rp 900 juta. Sebagian dana akan disalurkan untuk perbaikan jalan longsor itu,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, aktivitas warga Desa Nampu, Kecamatan Karangrayung menuju wilayah Kabupaten Boyolali sedikit terganggu. Penyebabnya, ada ruas jalan utama yang longsor sepanjang 20 meter. Akibat peristiwa ini, kendaraan besar tidak berani melintas. Informasi menyebutkan, ruas jalan tersebut lebarnya sekitar 5 meter. Jalan ini sudah dicor dengan model beton setapak sisi kanan dan kiri serta di tengahnya dilapisi makadam.

Akibat musibah ini, lebar jalan tinggal sekitar 3 meter. Salah satu sisi cor beton setapak bahkan sempat ikut longsor. Lokasi jalan longsor masuk wilayah Dusun Cengklik. “Jalan ini longsor mulai 27 November lalu. Kejadian ini, sudah kita laporkan pada Pak Camat,” kata Kades Nampu Ngatmin.

Longsornya jalan itu disebabkan gerusan Kali Nampu yang ada di sebelah selatannya. Hal ini terjadi lantaran air meluap dalam beberapa waktu terakhir.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...