Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dewan Kudus Sebut Mall Tak Akan Ganggu Toko Kecil di Desa

kudus-mal
Keberadaan mall di Kudus tidak atur ketat dalam ranperda tentang penataan pasar swalayan, karena dianggap tidak akan mengganggu keberadaan toko-toko kecil di desa. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Keberadaan minimarket di Kabupaten Kudus, bakal diatur ketat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus. Hal itu berbeda dengan keberadaan mall.

Pemkab memang akan memberi batasan ketat terhadap keberadaan dan pendirian minimarket, sejalan dengan kesimpulan pembahasan rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang penataan pasar swalayan, oleh Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Kudus.

Ranperda tersebut kini telah selesai dibahas, dan tinggal menunggu pengesahan saja. Dari ranperda tersebut, terlihat bahwa pemkab justru memberi kelonggaran terkait izin pendirian mall atau supermarket berskala besar, dibandingkan minimarket.

Ketua Pansus II DPRD Kudus Aris Suliyono mengatakan, kelonggaran terkait syarat pendirian mall atau supermarket, itu terutama terkait pemilihan lokasi, jarak antar mall atau dengan dengan pasar tradisional.

”Memang tidak kami atur lebih detil. Sebab, mall tentu hanya akan memilih lokasi di pusat kota, dan tidak akan mengganggu toko-toko kecil yang ada di desa,” kata Aris.

Selain itu, menurut Aris, mall atau supermarket justru membantu pedagang kecil, karena akan menjadi tempat perkulakan. Keberadaannya juga akan menarik konsumen dari daerah-daerah lain di luar Kudus.

Aris mengatakan, Pansus II memang tidak mengatur secara detail soal mall. Sekali lagi, investor yang hendak menanamkan modalnya untuk membangun mall atau pusat perbelanjaan, tentunya mengincar lokasi di pusat kota.

”Dan sejauh pantauan kami, pusat perbelanjaan justru menjadi tempat kulakan pedagang kecil. Karena itu pada perda ini kami hanya fokus mengatur minimaret,” katanya.

Editor: Merie

Comments
Loading...