Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BOS Pendamping Gagal Dicairkan, DPRD Kudus Salahkan Disdikpora

ILUSTRASI
ILUSTRASI

MuriaNewsCom, Kudus – Gagalnya pencairan alokasi anggaran BOS pendamping untuk  sekolah dan madrasah swasta di Kudus membuat DPRD setempat menyayangkan. Mengingat, sekolah tersebut mengharapkan adanya BOS pendamping dari APBD Kudus itu.

Anggota Fraksi PKB DPRD Kudus Nur Khabsyin mengatakan, hal itu mengindikasikan tidak profesionalnya dinas. ”Ini menunjukkan Disdikpora tidak profesional dalam menjalankan kinerjanya,” kata Khabsyin, di tempat kerjanya.

Gagalnya pencairan BOS pendamping sebenarnya merupakan persoalan lama yang harusnya sudah bisa diselesaikan. Diketahui, persoalan ini muncul sejak 2015 ketika ada aturan terkait dana hibah. BOS pendamping yang berbentuk dana hibah mengharuskan sekolah harus memiliki badan hukum dari Kemenkumham.

Disdikpora maupun DPRD sudah mencarikan solusi. Di antaranya adalah alokasi dana BOS bisa disalurkan melalui yayasan yang menaungi sekolah atau madrasah tersebut. ”Pada alokasi di APBD murni 2016, sebenarnya sudah ada solusi dimana bisa dilewatkan yayasan,” tandasnya.

Tapi solusi tersebut ternyata tidak dijalankan oleh Disdikpora. Hal tersebut terulang lagi pada alokasi dana BOS pendamping di APBD Perubahan 2016. Hal ini tentu tidak sejalan dengan program pendidikan yang ada di Kudus. ”Yang jelas, apa yang dilakukan Disdikpora tidak mendukung upaya peningkatan dunia pendidikan di Kudus,” tandasnya.

Sementara itu, Kasubag Umum dan Kepegawaian Disdikpora Kudus, Siti Mutho Dwi Khuriyah mengatakan, untuk tahun ini BOS pendamping tidak bisa cair baik untuk madrasah maupun sekolah swasta lainnya.  Dijelaskan oleh Khuriyah, dari proposal yang masuk madrasah dan sekolah by name tidak menyertakan yayasan.

Seharusnya melalui yayasan, kemudian yayasan yang menunjuk madrasah atau sekolah melalui by name. Bahkan lanjut Khuriyah, hal ini sudah dikonsultasikan ke pusat yang akhirnya BOS pendamping dari APBD Kudus  ini tidak bisa dicairkan.

Menurutnya, alokasi dana BOS pendamping sebenarnya selalu dianggarkan dalam APBD Kudus. Tahun ini, total alokasi dana yang dianggarkan  sebesar Rp. 3.766.548.000 dan APBD Provinsi sebesar Rp. 2.113.630.000.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...