Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Usai Atap Ruang Ambruk, SDN 2 Golantepus  Kudus Akan Dibuat Kelas Rangkap

Pihak Disdiskpora Kudus memantau kondisi atap ruang kelas yang ambruk di SD 2 Golantepus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)
Pihak Disdiskpora Kudus memantau kondisi atap ruang kelas yang ambruk di SD 2 Golantepus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus –  Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus memberikan solusi ke pengelola SDN 2 Golantepus, Kecamatan Mejobo, ihwal dua ruang kelas yang ambruk, pada Senin (19/12/2016).

Kabid Dikdas pada Disdikpora Kudus Kasmudi di Kudus, Kamis (22/12/2016) mengatakan, pihaknya tidak setuju jika kegiatan belajar dipindahkan ke gedung TPQ setempat. Hal itu menyusul ambruknya atap kelas II dan kelas III. “Kami berlakukan kelas rangkap.  Dicoba menggunakan kelas rangkap. Ini merupakan hal yang baru dalam pendidikan, khusususnya di Kudus,” kata Kasmudi.

Kelas rangkap itu adalah, siswa kelas I dan kelas II belajar di satu ruang kelas. Begitu juga kelas III dan IV, serta kelas V dan kelas VI. Mereka akan menempati ruang kelas yang kondisinya lebih baik ketimbang ruang yang ambruk. Pada masa liburan sekolah ini, kelas yang kondisinya lebih baik itu akan dibenahi lebih dulu. Khususnya di bagian atap, supaya tidak ambruk seperti ruang kelas II dan III.

Teknis belajar kelas rangkap, misalnya, satu ruang kelas I dan II diisi siswa masing-masing kelas. Mereka belajar di sisi kiri untuk kelas I, dan kelas II duduk di bagian kanan. Satu guru kelas mengampu mereka. “Materi kurikulum kelas I dan II kan hampir sama. Misal kelas I materinya adalah Matematika berupa penjumlahan 1-10. Kelas II materinya penjumlahan  11-20,” jelasnya.

Kasmudi yakin jika hal itu tidak akan menggangu kegiatan belajar mengajar. Bahkan demi keberlangsungan kegiatan belajar nanti, pihaknya akan memantau sesering mungkin. “Dinas akan mantau terus, pokoknya,” ungkap Kasmudi.

SD 2 Golantepus memiliki 7 ruang kelas. Termasuk di dalamnya adalah ruang guru. Nantinya, seluruh ruang akan menjalani renovasi pada 2017. Hanya masih menunggu anggaran cair dalam APBD di 2017 nanti.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...