Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dari Kampung Bebek, Peternak Bisa Suplai 3 Ribu Telur Setiap Hari

Ratusan bebek milik salah satu peternak yang ada di Kampung Bebek di Kelurahan Sidowayah, Rembang. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Kampung Krapyak, Kelurahan Sidowayah, Rembang, menjadi salah satu sentra pembudidayaan bebek. Bahkan di tempat ini, juga dikenal masyarakat sebagai Kampung Bebek.

Peternak bebek di tempat ini, sedikitnya ada 15 orang. Mereka memanfaatkan area pemakaman umum yang lokasinya berada di dekat persawahan. Para peternak memilih tempat tersebut, juga karena pertimbangan, lokasinya yang agak jauh dari pemukiman warga, sehingga tidak mengganggu ketenangan warga.

“Di sini ada sekitar 15 peternak. Setiap kandang peternak, rata-rata berisi 50 ekor bebek. Dan, dari masing-masing-masing peternak, setiap harinya sudah bisa menyuplai sekitar 250 butir telur. Jadi secara keseluruhan dari 15 kandang, sudah bisa menghasilkan rata-rata 3.750 butir telur,” ujar Manto, salah satu peternak bebek.

Dirinya menyatakan, peternak bebek di tempat tersebut, bukan hanya berasal dari desa setempat saja, namun, ada juga yang berasal dari luar daerah, di antaranya Lasem. “Kami mulai beternak bebek di tempat ini sudah sekitar tiga tahun lalu, dengan memanfaatkan lahan pribadi, yang letaknya cukup jauh dari pemukiman warga. Dan hasilnya lumayan,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...