Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tanah Longsor Terjadi di Kambangan Kudus, Ratusan Warga Terisolasi

Warga beraktivitas membersihkan tanah yang menutupi permukaan jalan di Desa Kambangan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Bencana tanah longsor menimpa Dukuh Kambangan RT 4 RW 5, turut Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kudus. Longsor terjadi dari tebing setinggi 15 meter yang berakibat menutup satu-satunya jalan menuju Kambangan. Akibatnya, warga tak dapat beraktivitas lantaran terisolasi.

Kepala Desa Menawan, Sholihin mengatakan, longsor terjadi Senin (19/12/2016) sekitar  pukul  22.00 WIB. Saat kejadian, di wilayah Kambangan sedang hujan deras, sehingga tak diketahui warga kalau terdapat bencana longsor.

“Yang tahu malah PLN duluan, saat itu hendak memperbaiki jaringan listrik, namun tak bisa karena tertutup longsor. Setelah itu saya dihubungi BPBD yang mendapatkan laporan dari PLN,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Setelah itu, kata dia, pihaknya meminta warga melihat lokasi longsor. Benar saja, longsor ditemukan di jalan Kambangan, dan menutup akses jalan lantaran tanah yang longsor menutupi permukaan jalan.

Setelah diketahui lokasi longsor, tim BPBD, warga, serta pihak desa mendatangi lokasi. Kemudian mereka bersama mengurangi longsor yang menutup akses jalan. Karena jumlah yang terbatas serta alat yang seadanya, maka timbunan longsor belum bisa dibuang sepenuhnya.  “Semalam selesai sekitar jam 02.00 WIB. Setelah itu bubar, dan dilanjutkan lagi pagi ini, Selasa (20/12/2016). Tadi sekitar jam 06.00 WIB baru dimulai lagi kerja bakti,” ujarnya.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...