Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Haflah Khotmil Quran di Ponpes Al Jalil Li Ulumil Quran Berlangsung Khidmat

Para santri dan santriwati Pondok Pesantren Al Jalil Li Ulumil Quran tengah bersiap menjalani prosesi wisuda di Dusun Brakas, Desa Terkesi, Kecamatan Klambu, Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Para santri dan santriwati Pondok Pesantren Al Jalil Li Ulumil Quran tengah bersiap menjalani prosesi wisuda di Dusun Brakas, Desa Terkesi, Kecamatan Klambu, Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Pondok Pesantren (Ponpes) Al Jalil Li Ulumil Quran di Dusun Brakas, Desa Terkesi, Kecamatan Klambu, Grobogan, kembali menyelenggarakan acara Haflah Khotmil Quran, Rabu (14/12/2016) malam. Acara yang dilangsungkan di komplek Ponpes dihadiri ribuan orang.

Selain warga setempat, hadir pula tamu undangan dari berbagai daerah. Tamu yang datang juga berasal dari keluarga santri dan santriwati yang diwisuda maupun masih menuntut ilmu di tempat itu.

Acara Haflah Khotmil Quran berlangsung khidmat. Dalam acara tersebut dilangsungkan pula wisuda terhadap 80 santri dan santriwati di ponpes yang berdiri 1992 itu.

Puluhan santri dan santriwati yang diwisuda terdiri dari tiga tingkatan. Yakni, binadhor, bilghoib, dan bissab’ah.

Prosesi wisuda sempat diwarnai hujan deras. Tepatnya, saat penyerahan syahadah (semacam ijazah) yang dilakukan pengasuh Ponpes Al Jalil Li Ulumil Quran Syamsul Hadi AH.

Namun, hujan yang mengguyur tidak berlangsung lama. Menjelang selesainya acara penyerahan syahadah, hujan langsung berhenti. Meski sempat diguyur hujan namun pelakanaan acara tetap berjalan lancar.

Ketua Panitia A Muzamil menyatakan, acara Haflah Khotmil Quran seperti itu biasa dilangsungkan tiap dua tahun sekali. Sebelumnya, kegiatan diawali dengan ziarah ke makam KH Abdul Jalil selaku pendiri Ponpes Al Jalil Li Ulumil Quran.

“Acara ziarah dilangsungkan sore tadi. Jadi, acara Haflah Khotmil Quran ini juga dirangkai dengan Khaul KH Abdul Jalil,” katanya.

Setelah proses wisuda, kegiatan dilanjutkan dengan pengajian. Dalam pengajian ini, pihaknya mendatangkan KH Abdullah Sa’ad dari Solo selaku penceramah.

Menurut Muzamil, sejak awal berdiri sampai saat ini, sudah ada ribuan santri dan santriwati yang belajar. Selain dari wilayah Grobogan dan kabupaten sekitarnya, santri dari luar daerah juga banyak menimba ilmu di Ponpes Al Jalil Li Ulumil Quran. Antara lain, dari berbagai kota di Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatra.

“Alumni dari Ponpes Al Jalil Li Ulumil Quran ini sudah banyak sekali dan tersebar di berbagai daerah. Untuk saat ini, santri yang masih menuntut ilmu ada sekitar 300 orang,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...