Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Memasuki Musim Panen, Petani Kedelai di Grobogan Khawatirkan Kondisi Cuaca

Beberapa petani di Desa Nambuhan, Kecamatan Purwodadi mulai panen tanaman kedelai. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Sebagian petani kedelai di Grobogan saat ini dihinggapi kecemasan. Hal ini menyusul kondisi cuaca saat ini yang sering hujan pada siang hari. 

Padahal, saat ini, sebagian petani kedelai sedang memasuki masa panen. Dengan kondisi cuaca yang seperti ini dipastikan bisa membawa dampak bagi para petani.

“Kalau tidak ada panas matahari maka kadelai yang habis dipanen sulit kering. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas kedelai. Kalau kualitasnya kurang bagus maka harganya pasti turun,” kata Maryoto, petani kedelai di Kecamatan Pulokulon.

Panas matahari memang sangat diperlukan petani pascapanen. Sebab, setelah dipetik dari sawah, hasil panen kedelai butuh dijemur dulu hingga kering. Setelah kering betul, maka biji kedelai bisa lebih mudah dikeluarkan dari kulitnya atau dipipil. Baik dilakukan secara manual atau menggunakan mesin pemipil.

Jika kondisi cuaca kurang panas maka kulit kedelai sulit kering. Kondisi ini terkadang bisa menyebabkan biji kedelai tidak bisa berwarna jernih karena muncul bintik-bintik hitam. 

Dari pantauan di lapangan, saat ini, sebagian petani kedelai sudah ada yang melangsungkan panen. Seperti di wilayah Kecamatan Pulokulon, dan Desa Nambuhan, Kecamatan Purwodadi. 

Di daerah itu, banyak lahan kedelai yang terlihat dari pinggir jalan raya Danyang-Kuwu. Beberapa petani ada yang sudah mulai memangkas habis tanaman kedelainya untuk dipanen. 

“Ini belum panen raya. Baru beberapa petani yang mulai panen kedelai. Saya panen duluan karena tanamnya memang lebih awal dari petani lainnya. Panen raya kemungkinan sekitar 10 sampai 15 hari lagi,” kata Suwarlan, petani di Desa Nambuhan. 

Ia menyatakan, hasil panen kedelai kali ini diperkirakan cukup bagus. Sebab, sejak awal tanam hingga menjelang panen, tidak ada gangguan hama ataupun penyakit.“Hampir semua tanaman kedelai disini bagus-bagus. Tidak ada gangguang hama sama sekali,” katanya.

Disinggung soal harga jual kedelai, ia menyatakan belum tahu. Sebab, belum ada petani yang menjual kedelai karena tanaman baru panen.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...