Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kanjeng Dimas Bagi-Bagi Uang di Kirab Tiwul di Mejobo Kudus

Salah satu penampilan peserta kirab di Desa/Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Senin. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus –  Ada banyak hal yang menarik dalam kirab tiwul yang diselenggarakan di Desa Mejobo dan Desa Kirig, Kecamatan Mejobo, Kudus, Senin (12/12/2016).  Seperti halnya adanya Kanjeng Dimas yang bagi-bagi uang dengan cara menyebarkannya di rute sepanjang kirab.

Namun, bukanlah Kanjeng Dimas Taat Pribadi, pelaku pengganda uang, yang memukau penampilan kirab. Melainkan Kanjeng Dimas Ganteng Taat mengaji. Dia adalah seorang warga setempat yang mengikuti kirab dengan mencontoh gaya Kanjeng Dimas.

Selain itu juga, nampak pula penampilan dari kelomook peserta yang mempraktikkan cara menjala ikan. Bedanya, jalan yang sepatutnya dilemparkan ke sungai, kini dilempar ke jalan yang ada orangnya.

Mawahib, panitia kegiatan mengatakan, kalau warga memang ada yang bekerja sebagai pencari ikan dengan cara menjala. Bahkan dahulu kala di daerah tersebut juga dikenal dengan banyaknya ikan yang ditangkap dari warga di sungai daerah tersebut. “Itu atraksi penampilan saja, sebagai contoh kalau di sini juga ada yang bekerja sebagai pencari ikan,” jawabnya.

Selain itu, nampak pula atraksi Barongan yang memeriahkan kirab. Tak lupa juga dengan pertunjukan reog yang juga menyita banyak perhatian warga setempat dan pengguna jalan. Acara tersebut tak hanya mengarak tiwul saja, tapi juga hasil bumi yang banyak ditanam masyarakat Desa Mejobo dan Desa Kirig. Selain itu, penampilan drum band dari bermacam jenjang pendidikan juga membuat suasan semakin meriah.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...