Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Beroperasi Tak Sesuai Trayek, 6 Bus AKAP di Grobogan Ditilang Petugas

Petugas gabungan sedang melakukan pengecekan kelengkapan kendaraan umum di Terminal Induk Purwodadi, Senin (12/12/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Petugas gabungan sedang melakukan pengecekan kelengkapan kendaraan umum di Terminal Induk Purwodadi, Senin (12/12/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Tindakan tegas dilakukan petugas gabungan saat menggelar pengecekan kondisi armada bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Induk Purwodadi, Senin (12/12/2016). Dalam kegiatan itu enam bus diberi tilang.

Tindakan tilang, terpaksa diberikan lantaran trayek bus tersebut ternyata tidak sesuai ketentuan. Meski terkena tilang, namun, bus tetap diperbolehkan melanjutkan perjalanan membawa penumpang menuju Jakarta.

“Total bus AKAP yang kita periksa sore ini ada 19 unit. Dari pemeriksaan tadi, ada 6 unit yang kita tilang,” kata Susanto Adi Wibowo, pegawai Dishubkominfo Grobogan yang juga menjabat sebagai Pejabat Penyidik PNS (PPNS), usai menggelar kegiatan di terminal induk.

Menurut Susanto, kendaraan yang ditilang semuanya disebabkan trayeknya tidak sesuai ketentuan. Seharusnya, kendaraan ini trayeknya melalui pantura atau jalur selatan tetapi mengambil penumpang di Terminal Purwodadi. Kemudian, ada yang ditilang karena trayeknya mati dan belum diperpanjang lagi. 

“Jadi semua kendaraan yang ditilang itu pelanggarannya masalah trayek semua. Setelah kita tilang, awak kendaraan kita harapkan tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari,” jelasnya.

Sementara itu, Kanit Laka Lantas Polres Grobogan Ipda Sunarto menambahkan, pengecekan kondisi kendaraan di sisi lain merupakan salah satu upaya menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dalam pemeriksaan gabungan yang dilakukan tadi, semua armada dalam kondisi laik jalan.

“Dalam kegiatan tadi kita juga sempat memberikan pengarahan pada sopir bus untuk selalu berhati-hati karena membawa banyak penumpang dan menempuh perjalanan jauh. Terlebih pada musim hujan seperti ini kondisi jalan agak licin dan mereka kami minta untuk selalu waspada dan tidak perlu memaksakan diri jika lelah atau mengantuk,” katanya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...