Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bus Garuda Mas Terguling di Areal Sawah di Purwodadi

Bus Garuda Mas jurusan Blora-Jakarta mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Purwodadi-Semarang, Sabtu (10/12/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Peristiwa kecelakaan lalu lintas terjadi Sabtu (10/12/2016) di Jalan Purwodadi-Semarang, Desa Pulorejo, Kecamatan Purwodadi. Kecelakan tunggal yang terjadi sekitar pukul 05.00 WIB ini melibatkan sebuah bus PO Garuda Mas jurusan Blora-Jakarta.

Akibat peristiwa ini, sopir bus yang diketahui bernama Moeka Sarwiya (53), warga Cirebon harus menjalani rawat inap karena mengalami luka cukup parah di bagian kepala. Beberapa penumpang lainnya hanya mengalami luka ringan.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Para penumpang termasuk kondektur hanya mengalami luka ringan dan rawat jalan saja. Korban yang dirawat inap sementara hanya sopir bus,” kata Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gede Prabawa.

Informasi yang didapat menyebutkan, kecelakaan berawal ketika bus bernopol E 7593 KB yang tinggal mengangkut belasan penumpang tersebut berjalan dari arah barat (Semarang) dengan kecepatan sedang. Sesampai di tempat kejadian, ada sebuah bus lainnya dari belakang yang memberi kode untuk mendahului.

Melihat ada bus lain yang hendak menyalip, sopir bus Moeka Sarwiya kemudian membanting stir ke kiri untuk memberi jalan kendaraan di belakangnya. Namun, kemungkinan, sopir bus terlalu tajam mengambil jalur kiri sehingga roda depan bagian kiri keluar dari bahu jalan.

Kondisi bahu jalan yang sempit dan curam menyebabkan sopir bus kesulitan untuk mengendalikan kendaraan. Hingga akhirnya, bus tersebut terguling dan terbalik diareal sawah dengan posisi roda berada di atas.

Tidak lama setelah kejadian, warga sekitar langsung berdatangan untuk memberikan pertolongan dan membantu penumpang keluar dari kendaraan. Beberapa penumpang yang terlihat mengalami luka langsung dinaikkan angkot menuju ke RS Yakkum Purwodadi. Sementara penumpang lainnya yang tidak mengalami cedera langsung diangkut Bus Garuda Mas lainnya.

“Bus ini tujuan akhirnya ke Blora melewati Purwodadi. Sebagian besar penumpang merupakan warga Blora. Kecelakaan tunggal ini disebabkan karena kurang hati-hatinya pengemudi bus dan faktor bahu jalan yang sempit dan curam,” imbuh Panji.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...