Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Waspada Banjir, Warga Undaan Kudus Bangun Talut

Warga tampak melintas di jalan yang terendam banjir di Wonosoco, Undaan, Kudus, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)
Warga tampak melintas di jalan yang terendam banjir di Wonosoco, Undaan, Kudus, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Kepala Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kudus, Setiyo Budi mengatakan, pihak desa selalu berupaya mengurangi kemungkinan terjadinya banjir.

Kerja bakti yang dilakukan meliputi lingkungan RT. Dalam kesempatan kerja bakti, warga diingatkan untuk mewaspadai banjir.

“Kami juga sudah membangun talut sungai desa sepanjang 40 meter dan tinggi 3 meter. Selain itu menambah lebar badan sungai sepanjang sekitar 100 meter,” katanya kepada MuriaNewsCom di Wonosoco, Kamis (8/12/2016).

Ke depan, pihaknya ingin membuat sodetan sungai dengan membangun gorong- gorong sepanjang 50 meter. Karena pada 2017 nanti akan dialokasikan dana sekitar Rp 150 juta untuk pembangunan gorong- gorong tersebut.

Camat Undaan Kudus Catur Widiyatno, mengatakan, pemerintah kecamatan selama ini selalu mengingatkan kepada seluruh warga agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana.

“Di antaranya kami berharap mereka melakukan antisipasi bencana sejak dini, jangan sampai bencana itu datang lagi,” katanya.

Dari 16 desa di wilayah Undaan, delapan desa tergolong rawan  banjir, yaitu Desa Wates, Ngemplak, Undaan Lor, Karangrowo, Larikrejo, Kutuk, Berugenjang serta Desa Wonosoco. Untuk antisipasi pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh kepala desa.

“Kami selalu sosialisasikan ke warga tentang perlunya menjaga lingkungan. Dimulai hal terkecil, seperti tidak membuang sampah di selokan. Jika warga melihat hal yang dirasa mencurigakan seperti tanggul retak dapat segera dikabari pihak kami di kecamatan,” jelasnya.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...