Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pasar Pragola Bermetamorfosa Jadi Rumah Makan dan Pusat Oleh-oleh Khas Pati

EFEKTIFKAH KEBERADAAN PASAR PRAGOLA PATI?

Seorang pengunjung tengah melintas di depan Pasar Pragola yang menjadi pusat rumah makan dan oleh-oleh khas Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Istilah “pasar” yang disematkan Pasar Pragola dinilai tidak tepat, karena faktanya merupakan rumah makan dan pusat oleh-oleh produk unggulan khas Pati. Sementara, pasar selama ini identik dengan pasar rakyat yang di dalamnya terdapat sembako, sayuran, ikan, bumbu-bumbu, dan lain sebagainya.

Dari hasil kajian yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pati, Pasar Pragola masuk dalam kategori toko swalayan. Hal itu sesuai dengan istilah yang tercantum dalam Permendag Nomor 70 Tahun 2013 di mana ada dua kategori, yakni pasar rakyat dan toko swalayan.

“Pasar Pragola benar-benar baru, bukan embrio pasar yang kemudian diperbarui. Ini bukan pasar baru, dan ini sebetulnya bukan pasar, tapi toko swalayan. Kalau Pasar Pragola dibilang pasar rakyat, bukan, karena manajemennya toko swalayan,” ujar Kepala Disperindag Pati, Riyoso, Rabu (7/12/2016).

Kendati begitu, pihaknya akan membiarkan namanya tetap Pasar Pragola supaya tidak membingungkan masyarakat. Meskinya namanya pasar, tetapi Riyoso memastikan bila Pasar Pragola sebetulnya pusat oleh-oleh khas Pati dan rumah makan yang menyediakan olahan khas Pati.

Karenanya, pihaknya akan memasang baliho besar yang bertuliskan Warung Makan dan Pusat Oleh-oleh Khas Pati. Dengan demikian, pengunjung luar daerah yang singgah di Pati tidak mengira Pasar Pragola sebagai pasar rakyat seperti pasar tradisional yang menjual beragam sayuran, sembako, ikan, dan bumbu-bumbu dapur.

“Baliho sudah jadi, tinggal pasang saja. Ini hujan terus. Kalau sudah agak reda nanti baliho akan dipasang. Kami menegaskan, meski namanya pasar, tapi konsep Pasar Pragola manajemennya seperti toko swalayan yang berisi rumah makan dan pusat oleh-oleh khas Pati,” pungkas Riyoso.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...