Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Nelayan di Rembang Dapat Bantuan Jaring dari Kementerian Kelautan

 Nelayan di Rembang mendapatkan bantuan jaring jenis gillnets dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Nelayan di Rembang mendapatkan bantuan jaring jenis gillnets dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan menyalurkan bantuan jaring jenis gillnets sebanyak 600 unit untuk nelayan di Kabupaten Rembang, Selasa (6/12/2016).Bantuan jaring tersebut, sebagai bagian dari upaya penggantian alat tangkap ikan jenis cantrang.

Kepala Seksi Pengelolaan dan Penangkapan Ikan pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang Sanyoto mengatakan, bantuan alat tangkap tersebut diperuntukkan hanya kepada nelayan cantrang yang kapalnya berbobot mati di bawah 10 grosston (GT).

“Bantuan jaring kepada nelayan ini mengacu kepada Undang-undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan. Kami berharap, ini bisa menjadi solusi bagi nelayan,” ujarnya.

Ia katakan, jaring jenis gillnets tersebut memiliki panjang 100 yard dengan kedalaman 140 mata. Jaring jenis ini, penggunaannya sesuai aturan, yaitu di areal 12 mil dari bibir pantai.

Selain berupaya mengganti cantrang dengan gillnets, pemerintah juga berencana mengganti alat tangkap jenis cotok, yang selama ini masih beberapa kali ditemukan digunakan oleh nelayan untuk menangkap ikan, meskipun nyata-nyata merusak ekosistem laut.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...