Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Berita MuriaNewsCom jadi Bahan Soal Ujian Akhir Siswa SMP di Grobogan

276
Soal ujian akhir semester I bagi siswa SMP yang bahannya berasal dari berita yang pernah tayang di MuriaNewsCom tentang potensi alam Desa Banjarejo. (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Soal ujian akhir semester I bagi siswa SMP yang bahannya berasal dari berita yang pernah tayang di MuriaNewsCom tentang potensi alam Desa Banjarejo. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Berita soal potensi wisata yang ada di Desa Banjarejo ternyata jadi bahan soal ujian akhir semester I bagi siswa SMP. Tepatnya, berita soal kemunculan sendang biru di Dusun Peting yang ditayangkan media online MuriaNewsCom, beberapa waktu lalu.

Informasi yang didapat menyebutkan, soal yang memuat potensi wisata Banjarejo ini terdapat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diujikan Senin (5/12/2016). Soal ujian ini diperuntukkan bagi siswa SMP kelas VII di beberapa kecamatan.

Potensi wisata sendang biru dimunculkan pada soal nomor 8 dan 9. Pada soal ini, para siswa disuruh mencermati tulisan dari beberapa kalimat yang dikutip dari MuriaNewsCom dan dirangkai jadi satu paragraf.

Tulisan itu berbunyi “Fenomena menakjubkan kembali muncul di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus. Kali ini, bukan soal penemuan benda purbakala atau cagar budaya seperti yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.  Tetapi, berupa munculnya sebuah sendang yang cukup menawan di Dusun Peting. Air sendang ini warnanya kebiru-biruan seperti telaga warna di pegunungan Dieng. Sendang tersebut muncul dari proses pelebaran mata air yang sebelumnya sudah di areal sawah di sebelah selatan Dusun Peting. Mata air sebelumnya ukurannya hanya 2 x 2 meter dengan kedalaman 2,5 meter.

Dari paragraf ini siswa diminta menjawab dua soal format pilihan ganda. Soal, nomor 8, siswa diminta menyebutkan gagasan utama yang terdapat dalam paragraf tersebut. Kemudian, pada soal nomor 9, siswa diminta menyebutkan kesimpulan yang tertuang dalam paragraf tersebut.

Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik ketika dimintai komentarnya menyatakan, awalnya, dia sempat tidak percaya jika ada soal ujian siswa SMP yang menyebutkan masalah sendang biru. Namun, setelah ditunjukkan foto soal ujian yang mencantumkan penemuan sendang biru dia malah jadi kaget.

“Barangkali ini pertama kalinya potensi wisata di Banjarejo jadi soal ujian siswa. Saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi ini dan semoga bisa berimbas positif bagi semua pihak,” katanya. 

Sementara itu,  Kabid SMP, SMA, SMK Dinas Pendidikan Grobogan Mus Hadi Purwanto ketika dimintai tanggapannya menyatakan, dalam ulangan umum akhir semester soal bisa dibuat sendiri oleh tim, termasuk di level kecamatan.

Untuk pembuatan soal memang bisa dikutip dari tulisan yang ada di media massa. Dengan catatan, tulisannya tidak berbau SARA serta harus mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) dan biasanya juga dibahas melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

“Kita memang menekankan untuk pembuatan soal bisa mengangkat potensi lokal. Ternyata di beberapa kecamatan ada yang mengangkat potensi di Banjarejo jadi bahan soal ujian akhir semester untuk siswa SMP. Melalui cara ini, juga bisa jadi salah satu upaya untuk mengenalkan potensi wisata lokal pada siswa,” katanya.

Editor : Kholistiono

Ruangan komen telah ditutup.