Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Menguak Sejuta Potensi di Desa Jrahi Pati

Vihara Saddhagiri menjadi salah satu destinasi wisata rohani-budaya di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Pati menyimpan sejuta potensi yang tidak dipunyai daerah lain. Mulai potensi pertanian, perkebunan, wisata, hingga potensi budaya.

Warto, perangkat desa setempat mengatakan, Jrahi punya potensi perkebunan berupa cengkeh, kakao atau cokelat, kapulaga, hingga kopi. Di bidang pertanian, Jrahi punya tanaman padi, jagung, dan kacang tanah.

“Tanah di Desa Jrahi memang subur, sehingga hampir semua tanaman bisa tumbuh subur di sini. Hanya saja, selama ini penduduk lebih suka menanam padi, jagung, kacang tanah, cengkeh, kakao, kapulaga, dan juga kopi yang tumbuh subur di sini,” kata Warto.

Di bidang pariwisata, desa yang memiliki delapan dusun dengan 2.745 penduduk ini memiliki destinasi berupa Air Terjun Grenjengan Sewu, Embung Mini buatan, Air Terjun Pancuran Songo, hingga wisata religi-budaya di Vihara Saddhagiri. Setiap hari, sedikitnya seratus pengunjung datang ke desa ini untuk berlibur.

“Saat akhir pekan, pengunjung bisa lebih dari seratus. Mereka sebagian besar mengunjungi Air Terjun Grenjengan Sewu. Saat ini, pemerintah desa berupaya untuk memanfaatkan potensi yang ada di desa Jrahi untuk meningkatkan perekonomian warga,” tutur Warto.

Sayangnya, akses jalan menuju desa ini masih belum layak. Hal itu yang membuat destinasi wisata di Desa Jrahi terbilang masih jarang dikunjungi wisatawan. Dia berharap, Pemkab Pati bisa meningkatkan anggaran infrastruktur untuk pembangunan akses jalan di desa Jrahi.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...