Kamis, 28 Maret 2024

Hari Koperasi, Pemkab Kudus Gelar Sepeda Santai dan Beri Apresiasi Koperasi Berprestasi

Ali Muntoha
Minggu, 28 Agustus 2016 16:14:56
LEPAS PESERTA: Bupati Kudus H Musthofa didampingi Sekda Noor yasin dan Kepala Disperinkop UMKM Kudus Hadi Sucipto melepas ribuan peserta Pit-pitan Bareng Kang Mus di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Minggu (28/8/2016). Even ini merupakan rangkaian peringatan Hari Koperasi ke-69 dan HUT Republik Indonesia ke-71. (Bagian Humas Setda Kudus)
Murianews, Kudus – Peringatan Hari Koperasi ke-69 di Kudus tahun ini berlangsung istimewa. Pada puncak peringatan Hari Koperasi yang digelar pada Minggu (28/8/2016), Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM (Disperinkop UMKM) Kabupaten Kudus menggelar Pit-pitan Bareng Kang Mus. Bupati Kudus H Musthofa melepas sekitar 12 ribu peserta sepeda santai di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus. Even yang juga merupakan rangkaian peringatan HUT Replubik Indonesia ke-71 tersebut tidak hanya diikuti warga Kudus. Banyak peserta yang datang dari luar kota, misalnya Jepara, Demak, Pati, dan Semarang. ”Untuk seluruh peserta, terutama bagi peserta yang datang dari luar kota Kudus, jangan ragu, bapak ibu yang datang ke Kudus, anggaplah Kudus kota anda sendiri. Setelah acara selesai, semua diperbolehkan masuk ke pendopo (Kabupaten Kudus),” kata Musthofa dalam sambutannya sesaat sebelum melepas peserta dari garis start. Menurut Bupati H Musthofa, acara ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sekaligus sebagai ajang rekreasi warga Kudus dan sekitarnya. Momentum Hari Koperasi ini merupakan hari kebesaran bagi seluruh insan koperasi, mulai dari pengelola hingga nasabah koperasi. Untuk itu, dia mengajak kepada seluruh warga untuk senantiasa koperasi di Kudus menjadi sumber inspirasi. Masyarakat bisa sehat jika didukung juga perekonomian yang sehat. ”Mari kita tetap sehat dan semangat untuk bekerja,” ucapnya.
 Acara sepeda santai ini juga menjadi ajang promosi potensi Kabupaten Kudus. Peserta melintasi jalan-jalan protokol, mulai dari Alun-alun Simpang Tujuh, Pertigaan Pentol, Gondang Manis, Jalan Lingkar Utara, Panjang, Peganjaran, Prambatan Lor, Menara Kudus, Kali Gelis dan kembali ke alun-alun. Banyak hadiah yang disediakan panitia dalam kegiatan ini. Selain satu unit mobil sebagai hadiah utama, juga ada hadiah-hadiah menarik, antara lain sepeda motor, sepeda gunung, kulkas, dispenser, kipas angin, speaker aktif, kompor gas, dan tabungan.
Kepala Disperinkop UMKM Kudus Hadi Sucipto menyampaikan terima kasih atas tingginya antusiasime warga mengikuti even ini. ”Selain berkesempatan membawa pulang hadiah, even bersepeda ini juga untuk ajang refreshing setelah disibukkan dalam rutinitas kerja,” ujarnya. Selain acara sepeda santai, rangkaian Hari Koperasi ke-69 Tahun 2016 di Kabupaten Kudus juga digelar apel di halaman pendopo Kabupaten Kudus, Kamis (28/7). Bertindak selaku pimpinan apel adalah Bupati Kudus H Musthofa yang dihadiri seluruh kepala SKPD dan forkopinda. Serta diikuti pengurus koperasi serta perwakilan dari seluruh kecamatan yang ada di Kudus. Dalam amanatnya, Bupati Kudus H Musthofa mengatakan, koperasi merupakan kata kunci untuk menstabilkan perekonomian di Kudus. ”Saya tidak ingin koperasi yang ada hanya sekadar jargon. Tetapi harus ada menfaat nyata sebagai soko guru perekonomian nasional,” kata Bupati Musthofa. Peran pengelolan koperasi sangat penting. Tidak kalah penting daripada yang lain. Karenanya harus benar-benar bisa menggiatkan perekonomian dan menstabilkan suasana politik perekonomian. Dengan muara akhirnya bagi peningkatan kesejahteraan bersama antara pengurus dengan seluruh anggotanya. Bupati yang juga aktivis ekonomi kerakyatan ini menyorot soal kesehatan koperasi. Ada banyak koperasi yang tercatat pada Dinas Perinkop UMKM. Tetapi belum bisa memastikan bahwa seluruhnya dalam kondisi yang sehat. ”Saya akan bentuk bidang baru pada Dinas Perinkop UMKM, yaitu bidang pengawasan tingkat kesehatan koperasi. Mungkin ini nanti menjadi satu-satunya di Indonesia,” jelasnya. Pada apel Hari Koperasi ini, Bupati juga mengukuhkan pengurus Forum UMKM Kabupaten Kudus. Dengan telah terbentuknya Forum UMKM Kabupaten Kudus ini, bupati berharap adanya sinergi dan kolaborasi yang baik antara Forum UMKM dengan lembaga lain. Seperti kerja sama dengan koperasi serta SKPD Pemkab Kudus untuk bersama-sama mengangkat perekonomian nasional. ”Dan saya akan konsisten membimbing. Karena semuanya adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam perekonomian nasional ini,” pungkasnya. Di akhir apel diserahkan penghargaan bagi koperasi yang berperstasi. Selain itu, juga pemberian santunan bagi anak yatim/piatu untuk bersama-sama berbagi kebahagiaan di Hari Koperasi tahun ini. Editor : Ali Muntoha

Baca Juga

Komentar