Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Forum Komunikasi PKBM Rembang Siap Fasilitasi Pendidikan di Wilayah Pedalaman

Anggota Forum Komunikasi PKBM Rembang ketika sedang menghadiri pelantikan pengurus untuk periode 2016-2021 di Aula Dinas Pendidikan Rembang, Sabtu (27/8/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Anggota Forum Komunikasi PKBM Rembang ketika sedang menghadiri pelantikan pengurus untuk periode 2016-2021 di Aula Dinas Pendidikan Rembang, Sabtu (27/8/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Ketua Pengurus Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rembang Sri Patnaningsih mengatakan, pihaknya memiliki komitmen untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat secara merata, khususnya warga yang berada di wilayah pedalaman.

Menurutnya, masih ada masyarakat yang berada di wilayah pedalaman, mengenyam pendidikan tidak sampai hingga sekolah menengah atas atau bahkan tak menamatkan sekolah dasar. Untuk itu, pihaknya akan memfasilitasi mereka untuk bisa mengenyam pendidikan.

“Masih ada masyarakat yang belum mengenyam pendidikan sesuai dari program pemerintah. Untuk itu, kita mencoba memfasilitasi mereka ini, agar mendapatkan pendidikan. Yakni dengan mengikuti kejar paket. Baik itu kejar paket A, B atau C,” ujarnya.

Tak sedikit menurutnya, anak-anak di daerah pedalaman menikah dini. Sebab, sekolah dinilai tidak terlalu penting bagi mereka dan lebih mementingkan berumah tangga. Apalagi, akses ke sekolah dan fakor ekonomi, terkadang menjadi sebuah alasan bagi mereka untuk tidak sekolah.

Selain itu, ke depan pihaknya juga akan membuat program tentang kewirausahaan. Sehingga, nantinya masyarakat Rembang bisa menimba ilmu kewirausahaan secara bersama-sama. “Tentunya hal seperti ini bisa mendorong masyarakat untuk lebih kreatif. Nantinya, kita akan bekerjasama dengan orang-orang yang sudah punya usaha. Sehingga mereka bisa ikut serta memberikan pelatihan, pendidikan dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap, nantinya, pengurus PKBM di masing-masing kecamatan yang ada di Rembang bisa lebih intensif untuk melakukan komunikasi. Sehingga, program-progam kerja bisa berjalan dengan maksimal dan bermanfaat bagi masyarakat.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...