Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kades Troso Jepara Benarkan Info Warganya Ditahan di Filipina

haji ilegal2
Kantor KBIH PT Fadlu Robbi di Desa Kuwasen RT 2 RW 1 Jalan Jepara-Bangsri Km.3 Jepara nampak sepi. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara –  Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Jepara, menjadi wilayah dari salah satu asal sejumlah calhaj yang ditahan di Filipina.  Diketahui, identitas calhaj asal Jepara yang ditahan di Filipina karena tuduhan paspor ilegal telah mengemuka.

Di antara nama-nama yang sudah beredar, ada istri pemilik KBIH PT Fadlu Robbi hingga pengurus NU di Ranting NU Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Jepara. Pemerintah desa setempat mengaku sudah mengetahui hal itu.

Kepala Desa Troso, Abdul Basir mengatakan, pihaknya sudah mengetahui informasi bahwa warganya ada yang ditahan di Filipina. Bahkan, ia membenarkan bahwa warganya tersebut merupakan Pengurus Ranting NU Desa Troso.

“Beliau dikenal sedikit tertutup. Ya mungkin karena beliau ingin berangkat haji lagi, tapi tidak bisa kalau melalui reguler kemudian lewat jalur lain. Kebetulan tahun lalu juga ada yang bisa lewat jalur di luar negeri, jadi beliau pengen dan ikut meskipun biayanya mahal,” ujar Abdul Basir kepada MuriaNewsCom, Kamis (25/8/2016).

Ia mengakui bahwa warganya yang ikut ditahan di Filipina tersebut tergolong orang yang mampu secara finansial. Sebab, latar belakang pasangan suami istri tersebut selain tokoh masyarakat juga pengusaha tenun Troso yang terbilang sukses.

“Sudah biasa bolak balik umroh. Haji sendiri sudah pernah sebelumnya sekitar tiga tahun lalu,” katanya.

Ia menambahkan, mulanya kabar mengenai ditahannya salah satu warganya tersebut ditutup-tutupi oleh pihak keluarga. Namun kelamaan pemberitaan di media semakin gencar dan warga sekitar pun mengetahui. Meski begitu, warga dan pihak keluarga dipastikan tidak panic dan yakin pasutri yang ditahan akan dipulangkan.

“Nanti akan kami sampaikan dengan tegas di berbagai kesempatan kepada warga agar selalui mengikuti pemerintah dalam hal apapun, termasuk berangkat haji, agar meminimalisasi risiko-risiko yang kemungkinan terjadi,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...