Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Wartawan Rembang Gelar Aksi Damai

Sejumlah wartawan melakukan aksi damai di depan kantor biro salah satu media cetak pada Kamis (25/8/2016) (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Sejumlah wartawan melakukan aksi damai di depan kantor biro salah satu media cetak pada Kamis (25/8/2016) (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Belasan wartawan dari berbagai media yang melakukan tugas peliputan di wilayah Rembang melakukan aksi damai di depan kantor biro salah satu media cetak, pada Kamis (25/8/2016) siang.

Aksi tersebut, merupakan buntut dari adanya insiden kekerasan dan intimidasi terhadap sejumlah wartawan yang dilakukan oleh oknum karyawan PLTU Rembang. Peristiwa ini terjadi pada Kamis (18/8/2016) ketika sejumlah wartawan melakukan liputan korban kecelakaan kerja yang dibawa ke RSUD dr Soetrasno Rembang.

“Aksi ini sebagai salah satu bentuk keprihatinan terhadap profesi wartawan. Sebab, insiden kekerasan dan intimidasi yang diterima lima wartawan Rembang tidak pernah ditulis atau dimuat di media ini. Padahal, korban kekerasan tersebut, salah satunya adalah wartawan dari media yang kami demo ini,” ujar Djamal Abdul Garham, Ketua PWI Rembang.

Bersama sejumlah wartawan, pihaknya sangat menyanyangkan sikap atau kebijakan yang diambil oleh salah satu media tersebut. Sebab, hal itu dinilai tidak menunjukkan solidaritas terhadap sesama profesi wartawan. “Kalau ada teman yang satu sakit, ya seharusnya ikut merasakan. Apalagi ini kan tindakan kekerasan dan ancaman kekerasan, seharusnya ikut membantu,” imbuhnya.

Aksi damai ini juga dilakukan dengan jalan kaki mundur dan mereka juga menutup mulut dengan lakban. Aksi jalan mundur dan tutup mulut itu, disebut sebagai salah satu gambaran kemunduran, karena tidak kompak untuk bersama-sama mengusut kasus kekerasan dan intimidasi yang menimpa sejumlah wartawan.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...