Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bazar Kerajinan dan Makanan Khas Kedungcino Jepara Meriahkan Hari Kemerdekaan

bazar
Wakil Bupati Jepara Subroto saat hadir dalam kegiatan bazar di Kedungcino, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Bazar dan pameran  hasil-hasil produksi kerajinan karya ibu Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Kedungcino, Kecamatan Kota, Jepara, memeriahkan perayaan HUT ke-71 Ri. Dalam bazar ini terdapat 16 stan dari 15 RT se-Desa Kedungcino dan 1 stan dari Desa Kedungcino.

Petinggi Desa Kedungcino, Hasyim, mengatakan, kegiatan ini kali pertama dimasukkan dalam rangkaian agenda perayaan HUT Kemerdekaan RI.  Dengan memamerkan hasil-hasil Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dari masing-masing PKK RT se-Desa Kedungcino. Antusiasme masyarakat cukup tinggi, terbukti dengan banyaknya produk yang dipamerkan di halaman Kantor Petinggi Desa Kedungcino.

“Di sini dipamerkan mulai produk kerajinan tangan, seperti hiasan dinding, lampion, suvenir, dan produk olahan limbah lain yang mempunyai nilai jual. Ada juga bazar produk holtikultura organik seperti sayur mayur, cabe, kangkung dan lain-lain, serta olahan masakan khas Jepara yang memiliki nilai gizi serta cita rasa yang khas dan tanpa bahan pengawet tentunya,” kata Hasyim dalam rilis pers ke MuriaNewsCom, Senin (22/8/2016).

Sebagai mitra pemerintah, lanjutnya, TP PKK  tidak diragukan lagi perannya dalam mendukung pembangunan daerah, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Dengan begitu melalui kegiatan yang ke depan akan menjadi agenda rutin ini, pihaknya berharap agar produk-produk hasil olahan kader-kader PKK lebih dikenal. Sehingga dapat membangkitkan tumbuh kembang warga RT dari PKK masing-masing dalam hal ini ibu rumah agar bisa meningkatkan ekonomi keluarga dengan menciptakan industri rumah tangga.

Sementara itu, Wakil Bupati Jepara, Subroto mengaku bangga dengan berbagai materi yang dipamerkan dalam bazar tersebut. Karena pada umumnya merupakan hasil produk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) dari desa setempat.

“Alhamdulilah seluruh bazar tampil dengan baik. Lebih-lebih melihat materi yang ditampilkan merupakan produk UMKM. Kami (Pemerintah Daerah Kabupaten Jepara) berharap, produk-produk UMKM seperti ini terus ditampilkan pada kegiatan serupa. Baik di tingkat desa, kecamatan, kabupaten, maupun provinsi,” katanya.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada warga masyarakat Desa Kedungcino yang memiliki keinginan kuat menjadikan desanya jadi sentra produksi berbasis potensi lokal. Seperti limbah, kuliner dan hasil kerajinan lainnya. Hal ini jadi bukti bahwa kreativitas dan inovasi masyarakat Jepara sungguh luar biasa, terlebih dalam mewarnai dan memeriahkan HUT Ke-71 Kemerdekaan RI.

Dikatakan Subroto, Tim Penggerak PKK Desa khususnya, memiliki peran aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi keluarga, khususnya kelompok ibu-ibu rumah tangga yang kreatif dan memiliki inovasi yang potensial dalam mendongkrak kegiatan, baik dalam bentuk usaha rumah tangga maupun usaha kelompok.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...