Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perkembangan Batik Jepara Terus Melejit

batik 3
Siswa belajar batik Jepara di salah satu sentra, baru-baru ini. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Ketua Lembaga Pelestari Ukir, Batik dan Tenun Jepara Hadi Priyanto mengakui perkembangan batik di wilayahnya cukup bagus.

Diakuinya, meskipun batik Jepara baru mulai berkembang pada 2008, namun saat ini sudah menjadi salah satu ikon Jepara. “Perkembangan batik Jepara cukup bagus,” kata Hadi kepada MuriaNewsCom, Sabtu (20/8/2016).

Menurutnya, sebisa mungkin keberlanjutan batik khas Jepara ini bisa terus dipertahankan dengan cara melakukan regenerasi. Salah satunya mengajarkan kreativitas dan kemampuan membatik kepada generasi muda.

Meski eksistensi batik khas Jepara belum lama, namun antusiasme masyarakat khususnya pelajar belajar membalik cukup tinggi. Itu terlihat dari berbagai kegiatan lomba membatik dan banyaknya pelajar yang ingin belajar ke pengrajin batik.

Hal itu seperti yang disampaikan salah satu pengrajin batik Jepara, Suyanti. Menurutnya, semakin banyaknya peminat membatik utamanya dari pelajar itu, membuat dirinya optimistis keberlanjutan batik khas Jepara akan terus berkembang.

“Kami optimistis batik Jepara akan terus berkembang, seiring dengan banyaknya generasi muda yang ingin belajar membatik dengan motif lung-lungan yang menjadi ciri khas batik Kota Ukir,” ujar Suyanti.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...