Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Paguyuban Pengrajin Batik Jepara Giatkan Produksinya

batik 2 e
Siswa belajar batik Jepara di salah satu sentra, baru-baru ini. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Paguyuban pengrajin batik di Jepara terus bertumbuh. Di antaranya Paguyuban Biyung Pralodo.

Ketua Payuban Biyung Pralodo Jepara Suyanti mengatakan, perkembangan batik di Jepara terus membaik. Di Paguyuban Biyung Pralodo yang ia ketuai, saat ini memiliki 15 anggota. “Kesemuanya aktif memroduksi batik Jepara,” katanya kepada MuriaNewsCom, Sabtu (20/8/2016).

Indikasi lain yang membuatnya yakin soal berkembangnya batik Jepara yakni dengan kian banyaknya usaha rumahan yang memroduksi.

Terlebih, hidupnya batik Jepara tak lepas dari peran Pemkab Jepara yang menjadikan batik Jepara sebagai salah satu seragam dinas PNS.

Lebih lanjut ia mengaku banyak menerima pelajar bahkan guru yang ingin belajar membatik dan secara khusus mempelajari batik Jepara. Tak hanya itu, dalam catatannya, tidak sedikit sekolah yang mengisi muatan lokal mereka dengan materi membatik.

“Tentu saja ini menjadi hal yang positif bagi keberlanjutan batik Jepara. Generasi muda itu yang nanti akan meneruskannya,” ungkapnya.

Ia berharap besar terhadap para guru yang belajar membatik dengan motif khas Jepara. Sebab guru tersebut selanjutnya akan mengajarkannya kepada anak didiknya. Dengan demikian, regenerasi batik Jepara tidak akan putus.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...