Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lihat Aksi Camat dan Kades di Kecamatan Gabus Main Ketoprak  

Pertunjukkan ketoprak di Kecamatan Gabus yang diperankan camat, kades dan perangkat desa berlangsung meriah. (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Pertunjukkan ketoprak di Kecamatan Gabus yang diperankan camat, kades dan perangkat desa berlangsung meriah. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Pertunjukkan kesenian tradisional ketoprak yang dilangsungkan di halaman Kecamatan Gabus, Jumat (19/8/2016) malam boleh dibilang cukup istimewa. Bukan soal lakon atau kisah yang dimainkan, tetapi mengenai pemeran yang tampil dalam pertunjukkan tersebut.

Sebagian besar pemainnya adalah kepala desa dan perangkat desa di Kecamatan Gabus. Tidak hanya itu, Camat Gabus Anwar Udin Hamid pun juga ikut tampil jadi pemeran utama.

Meski baru kali ini terlibat jadi pemain ketoprak, namun pertunjukkan itu mendapat respon luar biasa dari ribuan penonton. Bahkan, sebagian besar penonton tidak tahu jika sebagian besar pemain ketoprak itu adalah camat, kades dan perangkat desa.

“Saya kira yang pentas tadi memang pemain ketoprak beneran. Ternyata yang main ada Pak Camat, Pak Lurah sama perangkat desa,” ujat Tarmuji, warga Gabus yang sempat menyaksikan pertunjukkan itu hingga tuntas.

Pertunjukkan ketoprak dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI mengambil lakon atau cerita Lahirnya Kerajaan Majapahit. Cerita itu dipilih karena dirasa cocok dengan perjalanan Bangsa Indonesia yang sudah merdeka selama 71 tahun.

Meski mampu tampil apik, namun para perangkat pemerintahan itu ternyata tidak menjalani persiapan terlalu serius. Bahkan, agenda latihan bersama juga tidak ada. Namun, sebelumnya, mereka hanya diberikan arahan dan gambaran singkat oleh sutradara.

“Modalnya pokoknya berani itu saja. Tidak pakai latihan-latihan segala. Dialog di atas panggung juga campuran pakai Bahasa Indonesia dan Jawa,” kata Kades Banjarejo Ahmad Taufik yang mendapat peran jadi tokoh Kebo Anabrang.

Semula, Taufik dan beberapa rekan sejawatnya memang sempat kaget saat diminta untuk tampil dalam kesenian tradisional tersebut. Sebab, selama ini mereka belum punya pengalaman di bidang itu. Namun, terdorong semangat ingin memeriahkan HUT RI akhirnya mereka mengiyakan tawaran tersebut dengan senang hati.

“Terlepas adanya kekurangan dalam pentas itu, yang pasti kami sangat senang bisa terlibat dalam pentas kesenian tradisional tersebut. Ini merupakan kali pertama, saya main ketoprak,” imbuh Kades Tlogotirto Adi Saputra.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...