Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bingung Cari Oleh-oleh di Grobogan? Renyahnya Roti Semprong dari Wirosari Ini Bisa jadi Rekomendasi

 

 Sejumlah pekerja tengah sibuk membuat roti semprong di tempat usaha milik Sri Murtini (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Sejumlah pekerja tengah sibuk membuat roti semprong di tempat usaha milik Sri Murtini (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan  – Sale pisang, kecap udang dan Sirup Kartika selama ini identik dengan oleh-oleh khas Grobogan. Ketiga produk ini memang sudah dikenal banyak kalangan.

Meski demikian, ada satu produk lagi yang tampaknya juga layak dijadikan oleh-oleh. Yakni, roti semprong produksi warga Kecamatan Wirosari. Salah satu pelopor pembuatan roti semprong adalah Sri Murtini, warga Kelurahan Wirosari, Kecamatan Wirosari.

Usaha roti semprong itu mulai dirintis sekitar 15 tahun lalu. Awalnya, hanya mencoba-coba saja untuk mengisi waktu luang. Ternyata, roti yang dibuatnya laku terjual di sekitar tempat tinggalnya. Selanjutnya, usaha itu mulai ditangani lebih serius.

Pada tahap awal, usaha itu hanya punya empat karyawan dengan produksi roti beberapa kilogram saja. Namun, sekarang ini jumlah karyawannya sudah ada 15 orang.Bertambahnya karyawan juga diiringi dengan naiknya produksi. Di mana, saat ini kapasitas produksinya sekitar 1 kuintal per hari.

Untuk bahan baku roti semprong, sama seperti bahan baku roti lainnya. Hanya saja, tidak ada campuran bahan kimia dan bahan pengawet sedikitpun dalam roti buatannya. Keaslian bahan baku itulah yang dia nilai menjadi salah satu penyebab usaha roti semprong tetap bertahan hingga saat ini.

“Para pelanggan kami senang karena roti semprong ini punya rasa khas dan alami. Untuk rasa kami sediakan beberapa macam. Seperti rasa duren, coklat, pandan dan wijen,” jelas Sri, belum lama ini.

Saat ini, roti semproing ini sudah banyak tersedia di toko oleh-oleh yang ada di Grobogan. Baik, roti bikinan Sri Murtini atau beberapa orang lainnya yang mengikuti jejaknya. Setiap kilogram roti semprong harganya berkisar Rp 37 ribu.

Beberapa warga ternyata sudah ada yang menjadikan roti semprong buat oleh-oleh ketika menengok saudara ke luar kota. Ada juga yang memberikan oleh-oleh ini pada saudara atau teman yang kebetulan main ke rumahnya.

“Selain kecap, saya sering belikan roti semprong buat saudara yang main ke rumah. Selain enak, harga roti semprong ini juga terjangkau,” kata Liswati, warga Jengglong, Purwodadi.

 Editor : Kholistiono

Comments
Loading...