Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hewan Kurban Asal Jepara Dikirim ke Luar Kota

Hewan kurban disiapkan mulai sekarang. (Istimewa)
Hewan kurban disiapkan mulai sekarang. (Istimewa)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Persebaran hewan kurban asal Jepara, rupanya banyak yang dikirim ke luar kota. Hal itu terungkap dari data Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Jepara, Jumat (19/8/2016).

Kepala Distanak Jepara Wasiyanto mengatakan, pihaknya mendata jika persebaran hewan kurban dari daerahnya banyak yang dikirim ke luar kota.

“Saat Idul Adha, persebarannya tidak menentu. Banyak dari Jepara dikirim ke luar kota, maupun sebaliknya. Namun mayoritas hewan kurban di Jepara tetap berasal dari Jepara sendiri,” kata Wasiyanto.

Ia menambahkan, dari data yang tercatat di dinasnya, tahun lalu jumlah pemotongan hewan kurban untuk sapi sebanyak 1. 567 ekor, kerbau sebanyak 499 ekor, kambing sebanyak 4. 341 ekor, dan domba sebanyak 597 ekor. Meski begitu, praktik di lapngan diyakini lebih banyak karena tidak semua tercatat.

Dijelaskan pula, jumlah rumah pemotongan hewan di Kabupaten Jepara pada Idul Adha tahun ini diprediksi meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Alasannya, pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat yang dinilai terus mengalami peningkatan.

Wasiyanto mengatakan, selain alasan pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat yang meningkat, kesadaran untuk berkurban juga semakin lama semakin meningkat.

“Ya, berdasarkan pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat di Jepara yang juga terus meningkat. Prediksi peningkatan juga di dasarkan pengalaman dari tahun ke tahun,” ujar Wasiyanto.

Menurut dia, hampir setiap tahun terus menerus mengalami peningkatan meski jumlahnya tidak signifikan. Sehingga tahun ini juga diperkirakan mengalami peningkatan.

“Meski terus mengalami peningkatan, stok atau ketersediaan hewan kurban tidak ada kendala. Ketersediaan juga terus meningkat karena para penjual hewan kurban juga telah mempersiapkan ketersediaan untuk Idul Adha,” terangnya.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...