Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Semangka Grobogan Diharapkan Bisa Tembus Pasar Modern

Bupati Grobogan Sri Sumarni saat melihat langsung proses panen semangka di Desa Penawangan, Kecamatan Penawangan. (MuriaNewsCom/Grobogan)
Bupati Grobogan Sri Sumarni saat melihat langsung proses panen semangka di Desa Penawangan, Kecamatan Penawangan. (MuriaNewsCom/Grobogan)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Bupati Grobogan Sri Sumarni berharap agar produksi semangka para petani bisa menembus pasar yang lebih eksklusif. Yakni, pasar swalayan dan toko-toko modern. Khususnya, yang ada di kawasan ibu kota.

Harapan itu diungkapkan Sri saat melihat panen raya semangka di Desa Penawangan, Kecamatan Penawangan, Jumat (19/8/2016).“Produksi semangka dari Grobogan selama ini cukup besar. Selama ini, pemasarannya memang sudah baik, tetapi ke depan harus bisa menembus pasar yang lebih besar. Seperti swalayan dan toko modern. Kalau bisa masuk ke sini, tentu petani bisa dapat untung lebih besar,” katanya.

Agenda melihat panen semangka itu dilakukan mendadak. Yakni, saat melintasi jalan Purwodadi-Semarang ada banyak petani di penggiran jalan raya yang sedang panen semangka. Seketika itu pula, Sri meminta sopirnya untuk berhenti karena ingin menemui petani.

Tak ayal, kedatangan orang nomor satu di Pemkab Grobogan itu sempat mengagetkan para petani yang tengah sibuk memetik semangka. Petani juga merasa senang karena baru sekali ini dikunjungi seorang bupati saat panen raya.

Sementara itu, Kabid Tanaman Hortikultura Dinas Pertanian Grobogan Imam Sudigdo ketika dihubungi terpisah menyatakan, harga semangka saat ini dinilai sangat bagus.

Dalam satu hektare lahan bisa dihargai secara borongan hingga Rp 90 juta. Biasanya, harga borongan maksimal berkisar Rp 75 juta per hektarnya. Kondisi ini terjadi karena saat ini tengah terjadi kekosongan stok semangka di sejumlah kota besar.

“Cuaca ekstrem yang terjadi saat ini menyebabkan banyak petani di daerah lain tidak bisa panen maksimal. Kondisi inilah yang menjadikan stok semangka jadi berkurang dan bagi mereka yang bisa panen saat ini, maka harganya pasti sangat bagus,” katanya.

 Editor : Kholistiono

Comments
Loading...