Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Telan Biaya Rp 130 Juta, Penjaringan Perangkat Desa Bulumanis Lor Pati Jadi Sorotan

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekdes dan Staf Admnistrasi Umum Desa Bulumanis Lor, Margoyoso, Jumat (19/8/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)
Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekdes dan Staf Admnistrasi Umum Desa Bulumanis Lor, Margoyoso, Jumat (19/8/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Biaya penjaringan dan pelantikan perangkat Desa Bulumanis Lor, Kecamatan Margoyoso, Pati yang mencapai angka fantastis menjadi sorotan warga. Tak tanggung-tanggung, biaya penjaringan perangkat desa di Bulumanis Lor disebut mencapai Rp 130 juta.

Sontak, banyak warga yang tidak sepakat dengan biaya penjaringan perangkat desa hingga ratusan juta rupiah. Nyoto, misalnya. Warga RT 3 RW 3 Desa Bulumanis Lor mengaku tidak setuju dengan sistem penjaringan perangkat desa yang mencapai ratusan juta rupiah.

“Biaya penjaringan sebesar itu, apa tidak kasihan dengan calon yang kualitasnya bagus, tetapi tidak punya uang. Dengan begitu, penjaringan semacam itu tidak memiliki rasa keadilan dan melukai nurani masyarakat,” ujar Nyoto, Jumat (19/8/2016) siang.

Karena itu, dia menyayangkan sistem penjaringan perangkat desa yang mengharuskan calon membayar iuran dana dalam jumlah fantastis. Hal itu dinilai tidak memberikan peluang bagi putera daerah yang punya sumber daya manusia (SDM) berkualitas, tetapi tidak punya dana.

Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Bulumanis Lor, Pramono membenarkan bahwa penjaringan hingga pelantikan perangkat desa di desanya mencapai Rp 130 juta. Dana sebesar itu diakui digunakan untuk aktivitas penjaringan sampai dengan pelantikan, dari awal sampai akhir.

“Dana Rp 130 juta itu diambil dari swadaya calon dan sedikit diambil dari dana kas desa. Dana dari kas desa tidak lebih dari Rp 5 juta. Saya sudah informasikan dari awal, mereka setuju dan sudah disepakati bersama,” tandasnya.

Dari informasi yang dihimpun MuriaNewsCom, dana penjaringan perangkat desa secara terperinci diambil dari tarikan empat orang yang mendaftar senilai Rp 25 juta, swadaya setoran Sekretaris Desa (Sekdes) yang lolos senilai Rp 75 juta, swadaya setoran Kasi Umum yang lolos Rp 25 juta, dan dana kas desa senilai Rp 5 juta.

Adapun pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) dan Staf Administrasi Umum Desa Bulumanis Lor dilakukan Jumat (19/8/2016). Keduanya dilantik Kepala Desa setempat dengan dihadiri sejumlah pejabat Muspika Margoyoso.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...