Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sekolah di Rembang Diwajibkan Peringati Hari Besar Nasional

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diadakan di Alun-alun Rembang (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diadakan di Alun-alun Rembang (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Rembang Noor Efendi menegaskan, sekolah yang ada di Rembang baik negeri maupun swasta diwajibkan untuk memperingati hari-hari besar nasional.

Menurutnya, peringatan hari-hari besar nasional tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara dan tidak harus mewah. Seperti halnya, dengan menggelar upacara bendera, mengadakan beragam kegiatan perlombaan dan lain sebagainya.

“Hari-hari besar nasional ini kan cukup banyak. Di antaranya HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Hari Pahlawan, Hari Kartini, Hari Pendidikan Nasional, Hari Kebangkitan Nasional dan lain sebagainya,” ujar Noor Effendi.

Hal tersebut, menurutnya, sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan kepada peserta didik tentang sejarah Bangsa Indonesia. Sehingga, nantinya siswa bisa mengetahui bagaimana perjalanan sejarah bangsa ini.

“Untuk sekolah yang berada di bawah lingkungan Dinas Pendidikan, semua sekolah akan diberikan surat imbauan atau pemberitahuan oleh UPT yang ada di kecamatan masing-masing. Sementara itu, bila yang ada di bawah naungan Kemenag tentunya juga akan dilakukan hal yang sama. Dan yang terpenting ialah para pengawas sekolah juga ikut serta memantau,” ungkapnya.

Pihaknya, katanya, juga sering berkoordinasi dengan Kementrian Agama Rembang. Sehingga setiap sekolah bisa ikut serta menyemarakan hari-hari besar nasional. “Kita bekerjasama untuk memajukan pendidikan,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...